Effendi Buhing Mengadu soal Tanah Adat ke Ben Brahim

Saling dukung ke calon Gubernur Kalimantan Tengah
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Calon Gubernur Kalomantan Tengah Ben Brahim S Bahat berkomunikasi dengan tokoh adat Desa Kinipan, Efendi Buhing melalui video call WhatsApp. Mereka saling mendukung satu sama lain. Efendi Buhing merupakan salah satu tokoh adat Kinipan yang sedang berjuang mempertahankan hak atas hutan adat dari korporasi. Videonya sempat viral di media sosial karena tindakan represif dari aparat.

Polri Siap Amankan PSU Pilkada 2020 di Beberapa Wilayah

"Tetap semangat Pak Efendi untuk menjaga tanah adat Desa Kinipan. Nanti saya berkunjung ke sana, kita ketemu," ujar Ben, Rabu 16  September 2020.

Baca juga: Ben Brahim: Saya Bela Tanah Adat

Pilgub Kalsel Diulang, Denny: Kalau Menang, Rakyat Ingin Pemimpin Baru

Efendi pun mengatakan jika dirinya sangat menantikan kehadiran Ben di wilayahnya. Efendi dan teman-teman adat Kinipan siap menyambut hangat kehadiran pria yang sedang dicalonkan sebagai Gubernur ini.

"Kita siap dukung bapak. Masyarakat Lamandau, khususnya Kinipan semuanya siap mendukung bapak," kata Efendi.

Menkum Yasonna: Paspor Amerika Orient Riwu Kore Akan Berakhir 2027

Dalam perbincangan sore itu pula, istri Ben Brahim, Ary Egahni yang dikenal konsen menyuarakan hak-hak tanah adat ikut nimbrung pada video call tersebut. Ary pun turut memberi semangat kepada Efendi.

"Hutan adat menjadi perjuangan kita bersama, pak. Hutan adat merupakan bentuk kearifan lokal masyarakat adat. Saya sedang memperjuangkan agar RUU soal masyarakat adat cepat selesai, doakan saya pak," ujar anggota DPR RI Komisi III Kalteng itu.

Penghitungan Surat Suara Pemilu 2019. (Foto ilustrasi).

Pelanggaran Netralitas ASN Diprediksi Naik 5 Kali Lipat di Pemilu 2024

Potensi pelanggaran netralitas ASN naik lima kali lipat itu dibandingkan dengan Pilkada 2020.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2024