Cek Fakta: Vaksin Pfizer-BioNTech Menyebabkan Radang Otak

Beredar sebuah informasi di internet yang mengklaim bahwa vaksin Pfizer-BioNTech dapat menyebabkan ensefalitis atau radang otak, yang didukung dengan adanya dokumen yang diberikan pihak Pfizer kepada FDA Amerika.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah informasi di internet yang mengklaim bahwa vaksin Pfizer-BioNTech dapat menyebabkan ensefalitis atau radang otak. Klaim itu didukung dengan adanya dokumen yang diberikan pihak Pfizer kepada FDA Amerika.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

HASIL CEK FAKTA

Setelah ditelusuri, klaim itu salah. Faktanya, informasi itu telah salah mengartikan dokumen Pfizer yang diberikan kepada FDA. Dilansir dari AFP, juru bicara Departemen Kesehatan Australia mengatakan bahwa dokumen itu merupakan laporan Pfizer yang berisikan analisis keamanan vaksin Pfizer. Dia juga membantah bahwa terdapat hubungan antara vaksin Pfizer dengan ensefalitis atau radang otak.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Dengan demikian klaim vaksin Pfizer-BioNTech dapat menyebabkan radang otak merupakan informasi yang keliru dan termasuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

KESIMPULAN

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Klaim itu salah karena faktanya informasi tersebut telah salah mengartikan dokumen yang diserahkan Pfizer kepada FDA. Dokumen asli sebenarnya berisikan analisis database keamanan Pfizer.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9528

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya