Cek Fakta: Penampakan Makhluk Mengerikan Demodex di Wajah Manusia

Jepretan layar sebuah foto yang diklaim sebagai Demodex, makhluk yang hidup di wajah manusia beredar, di media sosial.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Sebuah foto yang diklaim sebagai Demodex, makhluk yang hidup di wajah manusia, beredar di media sosial pada 24 Juni 2021. Dalam foto tersebut, terlihat penampakan sebuah makhluk yang diklaim sebagai Demodex. Makhluk tersebut diklaim berukuran kecil mirip kutu dan hidup di wajah manusia.

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

"Hai saya DEMODEX dan saya tinggal di sekitar rambut-rambut halus di sekitar wajah manusia. Sumber vitamin untuk membesar adalah minyak dari pori wajah dan sel kulit mati yang tak di bersihkan," demikian narasi dalam foto tersebut.

"Jgn aa korang tak cuci make up bersih2, nanti kawan kita ni dtg ????," tulis salah satu akun Facebook.

Cek Fakta: TNI Kerahkan Ranpur Jaga Gedung Bawaslu


HASIL CEK FAKTA

Dilansir dari Cekfakta.com, Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai Demodex, makhluk yang hidup di sekitar wajah manusia. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Images.

Cek Fakta: Surat Suara Pemilu 2024 Dicoblos Pihak Tak Berwenang di Malaysia

Hasilnya terdapat foto serupa di situs Sciencephoto.com. Situs tersebut menjelaskan bahwa makhluk yang ada pada foto itu merupakan silkworm atau ulat sutera. Berikut gambar tangkapan layarnya:

"Silkworm. Animated coloured scanning electron micrograph (SEM) of the head of a silkworm moth caterpillar (Bombyx mori). The silkworm uses its chewing mouthparts (upper centre) to feed on mulberry leaves. On either side of the mouthparts is an antenna and several simple eyes (ocelli, black round structures, upper left and right). The caterpillar has three pairs of jointed legs behind the head (lower centre). Most caterpillars also have prolegs further along the body (not seen). The silkworm produces threads of silk with which it constructs a cocoon. People farm silkworms for their silk, which is woven into cloth," demikian narasi dalam situs tersebut.

Liputan6.com juga menemukan artikel yang menjelaskan mengenai Demodex, makhluk yang hidup di wajah manusia. Adalah artikel berjudul "Terlihat Mengerikan, Makhluk Berkaki Delapan Ini Hidup di Wajahmu" yang dimuat situs Liputan6.com pada 8 Mei 2017:

"Hampir semua orang di dunia ini merupakan inang bagi tungau Demodex yang menyeramkan. Tungau ini memiliki delapan kaki dan menghabiskan seluruh hidup mereka--termasuk makan, kawin, dan sekarat--di kulit Anda.

Makhluk mikroskopis ini mungkin terlihat mengerikan. Tapi jangan takut, dalam sebagian besar kasus, serangga ini sama sekali tidak berbahaya.

Dua jenis tungau yang paling sering ditemukan adalah Demodex folliculorum dan Demodex brevis. Keduanya sering disebut sebagai lumut bulu mata karena cenderung ditemukan di dekat folikel rambut, sekitar hidung, bulu mata, dan alis.

Sementara itu, kebanyakan orang bahkan tidak memperhatikan "binatang buas" ini di kulit mereka, dalam beberapa kasus tungau tersebut terkait dengan rosacea. Kondisi ini dapat menyebabkan kemerahan permanen di wajah, serta sensasi, bintik-bintik, dan pembuluh darah yang menyengat.

Dilansir dari NPR, orangtua lebih cenderung memiliki makhluk ini di kulit mereka. Perbandingannya, dua pertiga orang tua dianggap sebagai pembawa tungau. Setengah dari orang dewasa dan sepertiga anak kecil juga memilikinya di permukaan kulit mereka."

KESIMPULAN

Foto yang diklaim sebagai Demodex, makhluk yang hidup di sekitar wajah manusia, ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan penampakan dari ulat sutera, bukan Demodex.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/9943

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya