Cek Fakta: Anies Sebut 15 dari 38 Provinsi Belum Punya RS Kelas A, 171 Kecamatan Tak Ada Puskesmas

Anies Baswedan, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Debat Pilpres 2024 seri kelima digelar pada hari ini, Minggu, 4 Februari  2024. Debat digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta ini mempertemukan ketiga capres, yakni capres nomor urut 01 Anies Baswedan, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Tema debat capres kali ini tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi. Sebanyak 11 pakar dari bidang-bidang terkait tema debat dipilih sebagai panelis untuk menyusun pertanyaan.

Anies Baswedan.

Photo :
  • Tangkapan layar.
Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Dalam debat kelima ini, capres nomor urut 01 Anies Baswedan Sebut 15 dari 38 provinsi Belum Punya RS kelas A, 171 Kecamatan di 38 provinsi Belum Punya Puskesmas.

Cek Fakta

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Dilansir dari Avitalia Health, menyebut bahwa ada 16 Provinsi dari 38 di Indonesia yang mempunyai rumah sakit tipe A.

Perlu diketahui rumah sakit kelas A harus memiliki fasilitas dan kemampuan pelayanan medik, paling sedikit 4 medik spesialis dasar, 5 spesialis penunjang medik, 12 medik spesialis lain, dan 13 medik subspesialis. Selain itu, peralatan radiologi dan kedokteran nuklir harus memenuhi standar sesuai dengan ketentuan undang-undang.

Pasien bisa menikmati layanan pelayanan medik umum. Pelayanan gawat darurat, pelayanan medik spesialis dasar, pelayanan spesialis penunjang medik, pelayanan medik spesialis lain. Pelayanan medik spesialis gigi mulut, pelayanan medik subspesialis, pelayanan keperawatan dan kebidanan, pelayanan penunjang klinik, dan pelayanan penunjang non klinik.

Puskesmas Cakung

Photo :
  • Istimewa

Kemudian,Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Abdul Kadir mengungkapkan, terdapat 171 kecamatan di 8 provinsi yang belum memiliki pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).  Kadir mengatakan, dari 171 kecamatan tersebut, 160 di antaranya berada di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Sebab, sesungguhnya jumlah puskesmas di Indonesia meningkat dari 9.731 puskesmas pada 2014 menjadi 10.205 puskesmas pada 2020. Ia juga mengungkapkan ada 7 kabupaten/kota di Indonesia yang hingga saat ini belum memiliki rumah sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya