Cek Fakta: Pesawat Sebarkan Bahan Kimia Berbahaya Chemtrail di Blora

Jepretan layar sebuah video di Twitter yang menunjukkan asap putih di langit berbentuk memanjang seperti awan dan diklaim sebagai bahan kimia Chemtrail yang dapat membuat orang sekitar sakit mata.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah video di Twitter yang menunjukkan asap putih di langit berbentuk memanjang seperti awan. Dalam narasi Tweet tersebut disebutkan bahwa asap putih tersebut merupakan bahan kimia Chemtrail yang diklaim dapat membuat orang sekitar sakit mata.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

“Anda mengalami sakit mata? Tiba² mata merah & belekan? Mungkin akibat chemtrail. Penampakan Chemtrail di kota Blora, Jawa Tengah”

HASIL CEK FAKTA

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim tersebut salah. Faktanya, asap putih yang dikeluarkan oleh pesawat dan menyerupai awan tersebut merupakan hal yang biasa, dan biasa disebut condensation trail.

Mengutip dari rri.co.id asap menyerupai awan tersebut keluar karena adanya jejak uap air terkondensasi yang muncul dari sisa pembakaran mesin pesawat.

Viral Terekam Seorang Wanita Diam-diam dan Santai Merokok di Dalam Pesawat

Jejak kondensasi ini dapat terlihat dalam waktu beberapa detik atau menit, atau bahkan berjam-jam, tergantung pada kondisi atmosfer. Tidak ada kaitannya dengan penyakit mata.

Dengan demikian klaim Video Penyebaran Chemtrail di Blora Melalui Pesawat Bikin Sakit Mata merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

KESIMPULAN

Klaim tersebut salah, faktanya asap putih yang membentuk garis di atas langit merupakan asap yang keluar dan merupakan hal yang biasa yang keluar dari pesawat. Asap putih seperti awan pada video tersebut merupakan condensation trail atau jejak uap air terkondensasi yang muncul dari sisa pembakaran mesin pesawat.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/10011

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya