Cek Fakta: Kapal Tenggelam di NTT Tewaskan 139 Orang Penumpang

Jepretan layar akun Facebook membagikan tautan dengan narasi yang menjelaskan tentang informasi tenggelamnya kapal penumpang di wilayah NTT yang menewaskan 139 orang penumpang pada 19 Juni 2022.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Akun Facebook bernama Sy Aishwa Rey Nahla membagikan tautan dengan narasi yang menjelaskan tentang informasi tenggelamnya kapal penumpang di wilayah NTT yang menewaskan 139 orang penumpang pada 19 Juni 2022.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran oleh Cekfakta.com, melansir dari kompas.com, foto yang digunakan dalam tautan tersebut bukanlah foto tenggelamnya kapal di wilayah NTT, tetapi merupakan foto peristiwa tenggelamnya KM Lestari Maju di Sulawesi Selatan pada tahun 2018 yang menewaskan 36 orang korban jiwa.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Selain itu, setelah tautan tersebut dibuka, informasi yang dimuat dalam tautan tersebut pun berisikan informasi terkait tenggelamnya Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang mengangkut penumpang sebanyak 139 orang saat melakukan pelayaran di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, yang disebabkan kerusakan mesin, bukanlah memuat tentang informasi terkait tenggelamnya kapal di wilayah NTT.

Berdasarkan pada seluruh referensi informasi terkait tenggelamnya kapal laut di NTT yang menewaskan 139 orang tersebut adalah informasi salah dan terkategori koneksi yang salah.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

KESIMPULAN

Informasi tersebut salah. Faktanya, foto yang digunakan dalam tautan tersebut merupakan foto dari peristiwa tenggelamnya KM Lestari Maju di Sulawesi Selatan pada tahun 2018, bukan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/10075

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya