Cek Fakta: China Sengaja Menutupi Fakta Sejarah Indonesia

Jepretan layar akun Youtube “Al Manhaj” mengunggah sebuah video yang berjudul “AKHIRNYA TERBONGKAR ?KAMI SENGAJA MENUTUPI SEMUA FAKTA SEJARAH INI”.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Akun Youtube “Al Manhaj” mengunggah sebuah video yang berjudul “AKHIRNYA TERBONGKAR ?KAMI SENGAJA MENUTUPI SEMUA FAKTA SEJARAH INI”. Dalam unggahan video ini menampilkan gambar Presiden China Xi Jinping dengan latar Indonesia yang seolah-olah mengatakan bahwa pemerintah China sengaja menutupi sejarah Indonesia.

Penusukan Brutal di Rumah Sakit China: 2 Tewas, 21 Luka-luka

Namun setelah melihat isi video tersebut, sama sekali tidak menyebutkan mengenai pernyataan Xi Jinping atau pemerintah China yang sengaja menutupi fakta sejarah Indonesia. Dalam video tersebut berisi ceramah Ustadz Rahmat Baequni mengenai sejarah Islam di Indonesia.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa thumbnail pada video tersebut merupakan hoaks kategori konten dimanipulasi atau manipulated content.

Gawat, Serangan Hacker China Bobol Sistem Kementerian Pertahanan Inggris

Faktanya, klaim tersebut adalah hoaks. Antara thumbnail dengan isi pada video ini ini tidak memiliki kaitan. Di dalam video tersebut tidak ada pernyataan dari presiden China Xi Jinping yang mengatakan bahwa pemerintah China menutupi fakta sejarah Indonesia seperti yang dimuat dalam thumbnail.

https://cekfakta.com/focus/10343

Viral Sensasi Baru Kopi Daun Bawang Jadi Tren di Tiongkok, Gimana Rasanya?
Gamer Fat Cat yang tewas bunuh diri karena kisah cinta tragis

Viral Kisah Cinta Tragis Gamer Fat Cat hingga Berujung Bunuh Diri

Baru-baru ini, cerita tentang Fat Cat, seorang gamer asal China berusia 21 tahun yang telah mengguncang media sosial karena tewas bunuh diri akibat kisah cinta tragis.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024