Vladimir Putin ke Indonesia 2020, Rusia Siapkan Dokumen Penting

Pertemuan bilateral Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA – Pemerintah Rusia tengah menggodok kemungkinan kunjungan kenegaraan Presiden Vladimir Putin ke Indonesia untuk memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo. Dalam hal ini sejumlah persiapan termasuk dokumen kerja sama tengah dipersiapkan oleh kedua belah pihak.

Frustasi Angka Kelahiran Rendah, Presiden Korsel Bentuk Kementerian Baru

"Kami akan bekerja sangat keras untuk itu dan berharap jadwal presiden akan memungkinkannya untuk berkunjung ke Jakarta pada tahun 2020," kata Wakil Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Oleg Kopylov di Jakarta, Rabu 18 Desember 2019.

Kopylov mengungkapkan kunjungan Putin tak bisa dimaknai seremonial semata. Namun juga diperlukan persiapan dan 'pekerjaan rumah' yang sangat serius untuk mempersiapkan kunjungan tersebut.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Di antara dokumen yang tengah disiapkan untuk mengantisipasi pertemuan tersebut adalah deklarasi Kemitraan Strategis antara Indonesia dengan Rusia. Tahun depan, kedua negara juga akan merayakan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Rusia.

"Jadi ini akan menandai langkah maju yang sangat besar dalam hubungan kita. Ada kumpulan dokumen besar yang sudah siap namun beberapa di antaranya masih dalam persiapan,” ujar Kopylov.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Dokumen lainnya yang juga sedang dipersiapkan adalah kerja sama dalam keamanan informasi internasional dan juga perjanjian penyederhanaan proses visa. Untuk tahun ini, lebih dari 150 ribu wisatawan Rusia telah berkunjung ke beberapa tempat di Indonesia seperti Bali dan Lombok.

"Kami telah bekerja keras untuk membuat kunjungan presiden menjadi nyata dan memungkinkan dia mengunjungi Indonesia tahun depan. Kami memahami bahwa jadwal presiden tengah disusun dan kami akan segera tahu kapan tanggal yang memungkinkan untuk kunjungan tersebut," katanya.
 

Galangan kapal milik Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat

Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

Sejak 20 Juli tahun 2023 lalu, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menyegel Galangan Kapal milik pimpinan ponpes Al Zaytun Panji Gumilang karena dinilai tak miliki izin.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024