Makanan asal China Bisa Terpapar Corona hingga Penyilet Ditangkap

Ahli mikrobiologi lembaga Eijkman, Amin Soebandrio.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Berita tentang makanan asal China bisa terpapar virus Corona langsung mendapatkan perhatian pembaca VIVAnews. Apalagi akhir-akhir ini, virus yang mematikan tersebut sudah menyebar di berbagai negara. Di Indonesia, beberapa orang sempat masuk ruang karantina akibat gejala yang mirip serangan virus Corona.

Viral Kisah Cinta Tragis Gamer Fat Cat hingga Berujung Bunuh Diri

Sementara itu, kedatangan turis asal Kota Kunming, China ke Sumatera Barat mendapatkan penolakan dari masyarakat. Kedatangan 155 turis China yang terdiri atas 110 wanita dan 45 laki-laki itu, berangkat ke Sumatera Barat, menggunakan pesawat sewaan.

Selain itu, kelelawar dan ular yang dicurigai penyebab virus Corona yang kini menjadi perhatian dunia, mendapatkan perhatian warga Tomohon. Warga yang terbiasa makan makanan liar tersebut meragukannya, dan mereka pun makan kelelawar bumbu rica-rica.

Penusukan Brutal di Rumah Sakit China: 2 Tewas, 21 Luka-luka

Berikut lima berita paling populer di VIVAnews sepanjang hari Selasa, 28 Januari 2020:

1. VIDEO: Ahli Mikrobiologi Sebut Makanan asal China Bisa Terpapar Corona

Gawat, Serangan Hacker China Bobol Sistem Kementerian Pertahanan Inggris

Ahli mikrobiologi lembaga Eijkman, Amin Soebandrio.

Pemerintah China masih berusaha keras untuk menangani wabah virus corona yang sejauh ini telah menewaskan 80 orang dan menjangkiti 2.744 lainnya di negara itu. China mengisolasi kota asal-muasal virus itu terdeteksi, Wuhan, dan kota-kota lain yang dicurigai sudah terpapar untuk mencegah virus itu menyebar kian luas.

Tak sampai sebulan sejak virus itu dilaporkan terdeteksi, corona telah menyebar ke seluruh dunia: mulanya dari Wuhan menyeberang ke Jepang, menyusup ke Thailand, bergeser ke Korea Selatan, melompat jauh lintas benua ke Amerika Serikat, dan segera mencapai Eropa hingga Australia. Baca di sini.

2. Terungkap, Turis China ke Sumbar karena Program Pemerintah Pusat

Warga Sumatera Barat menolak kedatangan turis China ke wilayah mereka.

Kepala Biro Humas Setda Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal menghormati aspirasi masyarakat Ranah Minang, yang menolak kunjungan 155 turis asal Kota Kunming, China, ke beberapa objek wisata unggulan, menyusul banyaknya warga negeri Tirai Bambu itu terinfeksi virus Corona.

Menurut Jasman, kedatangan turis China ke Sumbar tersebut, bukanlah merupakan program dari Pemerintah Provinsi. Namun melainkan, program dari Pemerintah Pusat yang bertujuan, meningkatkan angka kunjungan wisman asing di Indonesia. Baca di sini.

3. VIDEO: Ragukan Corona dari Hewan Liar, Warga Makan Kelelawar Rica-rica

Seorang warga menunjukkan daging ular di Pasar Ekstrem, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Kelelawar dan ular dicurigai sebagai muasal virus corona yang mewabah di China dan kini menyebar ke sejumlah negara lain. Namun, warga Tomohon di Sulawesi Utara yang terbiasa memakan hewan-hewan liar meragukan bahwa satwa-satwa itu membawa virus corona.

Di Tomohon, ada pasar bernama Pasar Beriman tetapi lebih dikenal sebagai Pasar Ekstrem. Sebab, pasar itu menjual daging hewan-hewan liar yang bagi sebagian besar orang tampak mengerikan atau menjijikkan, seperti ular, tikus, anjing, hingga kelelawar. Baca di sini.

4. Rahasia Kekuatan Super Bintang Tinju Dunia, Masturbasi 7 Kali Sehari

Petinju Tyson Fury (kiri) dan pegulat WWE Braun Strowman

Persiapan terus dilakukan oleh petinju asal Britania Raya, Tyson Fury. Ia akan naik ring untuk melawan Deontay Wilder pada 22 Februari mendatang. 

Ini merupakan pertarungan ulangan antara Tyson Fury dengan Deontay Wilder. Keduanya pernah naik ke ring untuk bertarung pada Desember 2018. 

Saat bertarung di Los Angeles pada 2018 lalu tidak ada pemenang di antara keduanya. Untuk pertarungan ulangan ini akan berlangsung di MGM Grand Garden Arena. Baca di sini.

5. Perempuan Penyilet Penumpang Transjakarta Akhirnya Ditangkap

Ilustrasi penumpang bus Transjakarta

Jajaran Polsek Metro Taman Sari telah meringkus perempuan misterius yang menyerang Novita Geraldine penumpang Transjakarta dengan silet. Diketahui, insiden tersebut terjadi di Halte Olimo, Mangga Besar, Minggu, 26 Januari kemarin.

Kapolsek Metro Taman Sari Ajun Komisaris Besar Polisi Abdul Ghafur menyebut, pihaknya masih memeriksa perempuan tersebut secara intensif. Penangkapan dilakukan pada hari ini. Baca di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya