Hina SBY, Cakapolri Termuda hingga Santunan Korban Sriwijaya Air

Proses evakuasi jenazah penumpang Sriwijaya Air SJ 182.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Berita terpopuler kanal News-Trend di VIVA sepanjang Selasa, 12 Januari 2021 diwarnai dengan sejumlah isu penting dan menarik. Berita Guru Besar USU yang menghina SBY dan AHY cukup banyak diklik pembaca. 

Terpopuler: Pelaku Penyiram Air Keras hingga Roberto Mancini Kagumi 4 Pemain Timnas Indonesia U-23

Ada juga berita tentang Komisaris Jenderal Polisi Listyo yang namanya disebut dicalonkan Presiden Jokowi jadi Kapolri. Belakangan Listyo membantah.  

Apa saja berita terpopuler yang ramai pembaca? Cek di Round Up di bawah ini.

Top News: 5 Negara dengan Militer Terkuat, Pangdam XIII/Merdeka Rotasi 3 Pati dan 5 Pamen

1. Usai Hina SBY, Guru Besar USU Sebut AHY Bodoh Sekali

Photo :

Terpopuler: Oxford United Menang di Semifinal, Marselino Ferdinan Jadi Captain Tsubasa

Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Yusuf Leonard Henuk, heboh di media sosial karena menyerang Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dengan menyebut 'Bapak Mangkrak Indonesia'. Kini Leonard menyerang putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Leonard dalam akun Twitternya, @ProfYLH menyebut AHY bodoh sekali. Ia menyampaikan demikian karena merespons pernyataan AHY soal tragedi kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182.

AHY menyampaikan melalui akun Twitter yang kemudian beberapa media massa mengutip pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat itu menjadi artikel. Leonard menyebut sepanjang sejarah jatuhnya pesawat tak pernah ada error pemerintah yang jadi penyebabnya. Baca berita lengkapnya di tautan ini.

2. Komjen Listyo, Jenderal Termuda Calon Kapolri Pilihan Jokowi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Presiden Jokowi dikabarkan memilih Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Idham akan memasuki masa pensiun akhir Januari 2021 ini.

Hal ini diungkapkan anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid. Dia mengatakan  Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo jadi calon tunggal yang diajukan Presiden Jokowi ke DPR. “Insya Allah satu nama. Pak Listyo Sigit Prabowo calon kuat dan pantas,” ujar Jazilul saat dihubungi di Jakarta, Senin, 11 Januari 2021.  Baca lengkapnya di link berikut.

3. Kapten Eko, Penyelam Kopaska Ungkap Isi Laut saat Cari Sriwijaya Air

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Tim gabungan dari Basarnas, TNI dan Polri masih mencari puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu pada akhir pekan kemarin. Setiap hari, tim gabungan bekerja mencari di dasar laut untuk menemukan black box atau kotak hitam pesawat tersebut.

Saat diwawancarai tvOne, Selasa, 12 Januari 2021, salah satu penyelam dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut, Kapten Eko Prihartanto, menjelaskan bagaimana kondisi di dasar laut Kepulauan Seribu. Baca lanjutannya di sini.

4. Habib Rizieq Tersangka 3 Kasus Berbeda, Munarman: Ugal-ugalan

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Status tersangka bertambah untuk Habib Rizieq Shihab. Eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu kini terseret tiga kasus hukum berbeda dengan status sebagai tersangka. 

Terkait itu, mantan Sekretaris Umum FPI, Munarman menyoroti aparat sudah seperti terkesan ugal-ugalan dalam proses hukum terhadap Habib Rizieq.

"Sudah gila-gilaan dan ugal-ugalan mereka dalam menjalankan hukum," kata Munarman kepada VIVA, Selasa, 12 Januari 2021. Untuk tahu lengkapnya ada di tautan berikut.

5. Jasa Raharja Percepat Santunan Ahli Waris Korban Sriwijaya Air

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jasa Raharja memastikan penumpang Sriwijaya Air SJ-182 mendapatkan hak santunan yang diberikan kepada ahli waris dengan masing-masing senilai Rp50 juta.

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahardjo S, menjelaskan pendataan para ahli waris telah terverifikasi yang selanjutnya menunggu proses pencairan. Tercatat, terdapat 62 keluarga korban yang tersebar di 24 kota dengan jumlah terbanyak 24 korban berdomisili di Kota Pontianak.

"Besaran santunan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 15/PMK.010/ 2017, bagi seluruh korban meninggal dunia, masing-masing ahli warisnya berhak menerima santunan sebesar Rp50 juta," ujar Budi dalam keterangan persnya, Selasa, 12 Januari 2021. Baca berita menarik ini di link berikut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya