Lukisan Picasso, Harga Pertalite hingga Aset Bank Sentral Rusia

Sebuah karya Pablo Picasso berjudul
Sebuah karya Pablo Picasso berjudul
Sumber :
  • AP Photo/Seth Wenig

VIVA – Lukisan Pablo Picasso “Femme nue couchee” dilelang di Sotheby’s, New York, Amerika Serikat. Lukisan yang dibuat pada 1932 itu terjual dengan harga fantastis, yaitu US$67,5 juta atau setara dengan Rp988,4 miliar.

Lukisan “Femme nue couchee” diterjemahkan dari bahasa Prancis yang artinya “wanita berbaring telanjang”. Lukisan tersebut memperlihatkan sosok Marie Therese sebagai makhluk laut berkaki banyak dengan kepala dimiringkan ke arah belakang.

Harga jual delapan digit itu muncul seminggu setelah lukisan layar sutra karya Andy Warhol tahun 1964 tentang Marilyn Monroe juga terjual seharga US$195 juta di Chirstie’s, dan membuat rekor untuk sebuah karya seniman Amerika Serikat (AS) yang dijual dilelang.

Berita tentang lukisan Pablo Picasso itu menarik perhatian pembaca kanal News VIVA sehingga menjadi berita terpopuler.

Selain soal lukisan, berita dari dalam negeri terkait dengan bahan bakar minyak (BBM) Pertalite juga menjadi berita terpopuler. Kali ini berita tersebut tentang Menteri BUMN Erick Thohir yang blak-blakan bicara tentang kenaikan harga Pertalite.

Selanjutnya, ada berita terkait respons Kementerian Luar Negeri soal Ustaz Abdul Somad (UAS) yang ditolak masuk ke Singapura. Berita tersebut juga menjadi salah satu berita terpopuler yang banyak membesut animo pembaca.

Tak hanya berita-berita tersebut, sejumlah berita lainnya juga masuk dalam berita terpopuler. Berikut ini lima berita terpopuler di kanal News VIVA, Kamis, 19 Mei 2022 yang dirangkum dalam tulisan round up:

1. Lukisan Wanita Telanjang Picasso Laku Rp988 Miliar, Ini Penampakannya

Lukisan Pablo Picasso yang dibuat tahun 1932 “Femme nue couchee” terjual seharga US$67,5 juta atau setara dengan Rp988,4 miliar sesuai nilai tukar kurs pada Selasa 17 Mei 2022, pada debut lelangnya di Sotheby’s, New York, Amerika Serikat.

Harga jual delapan digit itu muncul seminggu setelah lukisan layar sutra karya Andy Warhol tahun 1964 tentang Marilyn Monroe juga terjual seharga US$195 juta di Chirstie’s, dan membuat rekor untuk sebuah karya seniman Amerika Serikat (AS) yang dijual di lelang.

Melansir dari The Sundaily, Rabu 18 Mei 2022, rumah lelang Sotheby’s telah memperkirakan lukisan Picasso, penggambaran surealistik dari inspirasinya Marie Therese Walter akan terjual lebih dari US$600 juta. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Erick Thohir Buka-bukaan Soal Kenaikan Harga Pertalite

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, Pemerintah belum memiliki rencana terkait penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite.

"Harga pertalite sekarang berada di harga Rp7.650, belum ada rencana pemerintah melakukan (penyesuaian)," kata Erick di Jakarta, dikutip Kamis, 19 Mei 2022.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Kementerian BUMN.

Erick pun menjelaskan terkait kenaikan harga pertamax. Setelah dinaikkan pun, menurut dia, masih berada di bawah harga pasar, sehingga ada komponen subsidinya. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Tak Cuma UAS di Singapura, Pemerintah Juga Tolak 452 WNA Masuk RI

Kementerian Luar Negeri menghormati keputusan Singapura yang menolak warga negara asing masuk ke negaranya. Hal ini merespons kasus Ustaz Abdul Somad yang ditolak masuk ke Singapura melalui pelabuhan Tanah Merah, Singapura, Senin, 16 Mei 2022.

Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah mengatakan dalam praktiknya setiap negara memiliki hak untuk menerima atau menolak warga negara asing (WNA) yang akan masuk ke negaranya.

"Dalam praktek negara selama ini, berdasarkan yuridiksi dan ketentuan hukum di negaranya, serta berdasarkan banyak pertimbangan, sebuah negara bisa saja tidak menerima seseorang (masuk ke negaranya)," kata Faizasyah saat press briefing di Kemlu, Kamis, 19 Mei 2022. Simak berita selengkapnya di sini.

4. Akun Medsos Pemimpin Pemerintah Singapura Diserang Pendukung UAS

Akun media sosial sejumlah tokoh politik dan instansi pemerintah Singapura dipenuhi beragam komentar oleh pendukung Ustaz Abdul Somat (UAS) yang ditolak untuk masuk ke Singapura pada Senin 16 Mei 2022.

Hal ini disampaikan secara langsung oleh juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informasi Singapura (MCI) pada Rabu 18 Mei 2022. Melansir dari Channel News Asia, Kamis 19 Mei 2022,

UAS telah tiba di Terminal Feri Tanah Merah, namun dia dikembalikan ke dalam feri untuk kembali ke Batam pada hari yang sama. Menanggapi pertanyaan media, juru bicara MCI mengatakan ada seruan untuk serangan siber terhadap akun media sosial Pemerintah Singapura di group obrolan publik Indonesia. Baca berita selengkapnya di sini.

5. AS Tak Punya Wewenang Sita Aset Bank Sentral Rusia, Ini Alasannya

Amerika Serikat tidak memiliki wewenang hukum untuk menyita aset bank sentral Rusia yang dibekukan karena invasinya ke Ukraina, kata Menteri Keuangan Janet Yellen pada Rabu (18/5/2022).

Namun Yellen mengungkapkan akan berbicara dengan mitra AS tentang cara membuat Rusia membayar tagihan untuk rekonstruksi pasca-perang Ukraina.

Yellen juga mengatakan kemungkinan bahwa izin khusus yang diberikan untuk memungkinkan Rusia melakukan pembayaran kepada pemegang obligasi AS tidak akan diperpanjang ketika berakhir minggu depan, meninggalkan pejabat Rusia seperti "jendela yang menyempit dengan cepat" untuk menghindari default utang luar negeri pertama sejak revolusi Rusia 1917. Simak berita selengkapnya di sini.