Hukum Daging Kurban Diberikan ke Non-muslim, Presiden Sri Lanka Kabur

Distribusi dan Pembagian Daging Kurban
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Round Up - Berita tentang Hari Raya Idul Adha menjadi yang terpopuler di kanal news VIVA.co.id sepanjang Minggu, 10 Juli 2022. Tepatnya adalah mengenai hukum memberikan daging kurban kepada orang non muslim.

Terpopuler: Pengakuan Pelatih PSG, Timnas Indonesia Dibela Ronaldo dan Messi

Berita terpopuler kedua datang dari aksi demonstrasi di Sri Lanka. Para demonstran yang menuntut Presiden Gotabaya Rajapaksa mundur menyerbu kediamannya. Mereka pun mencicipi ranjang empuk sang presiden.

Sedangkan, berita terpopuler ketiga adalah terkait aksi Sinar Mas yang membagi-bagikan daging kurban tanpa membuat tambahan sampah plastik.

Jenderal Kopassus di Balik Operasi Rebut Homeyo, Refly Harun Bungkam Irma Nasdem

Selain ketiga berita di atas, masih ada dua berita lain yang juga jadi perhatian para pembaca. Pertama, aparat BNN menangkap anggota polisi yang tersangkut kasus narkoba.

Kedua, soal Masjid Istiqlal yang masih belum membagi-bagikan daging kurban ke warga. Mereka hanya mendistribusikan hewan-hewan kurban ke masjid-masjid yang terpercaya.

Bakrie Amanah Himpun Dana Rp 6,5 Miliar pada Ramadhan 2024 

Berikut 5 berita terpopuler di kanal news VIVA.co.id sepanjang Minggu, 10 Juli 2022:

1. Bolehkah Daging Kurban Diberikan ke Non Muslim? Ini kata UAS

Hari ini umat muslim di Indonesia merayakan hari raya Idul Adha 1443 H. Di seluruh penjuru Indonesia, umat muslim menyembelih hewan kurban berupa hewan kambing, sapi, maupun kerbau.

Distribusi dan Pembagian Daging Kurban

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lantas, bolehkan daging kurban diberikan kepada non-muslim? Ustaz Abdul Somad pernah menjelaskan mengenai hukum memberikan hewan kurban, termasuk kepada orang yang berbeda keyakinan.

Baca selengkapnya di sini.

2. Aksi Rebahan Santai Demonstran Cicipi Ranjang Empuk Presiden Sri Lanka

Ada pemandangan menarik saat ribuan demonstran menyerbu kediaman rumah Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa, Sabtu 9 Juli 2022. Tak hanya memadati halaman istana saja, demonstran juga menerobos masuk hingga ke penjuru ruangan rumah megah di pusat kota Kolombo Sri Lanka tersebut.

Para demonstran menduduki kantor presiden Sri Lanka di Kolombo.

Photo :
  • AP Photo/ Eranga Jayawardena.

Sekilas tampak para demonstran berlagak bak pengunjung museum dengan berkeliling mengamati setiap sudut ruangan. Bahkan tampak beberapa di antaranya bersantai di kursi empuk ruang kerja sang presiden.

Baca selengkapnya di sini.

3. Sinar Mas Land Bagi-bagi Daging Kurban Tanpa Tambah Sampah Plastik

Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) menyalurkan 512 hewan kurban, dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah. Penyerahan hewan kurban dilakukan secara simbolis oleh Dewan Pembina YMSML Subagjo Hidayat dan bendahara umum YMSML, kepada Perwakilan Daerah Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ar Rahman dan Masjid Raudhatul Jannah BSD.

Baca selengkapnya di sini.

4. BNN Tangkap Seorang Oknum Polisi Tengah Membawa 50 Kg Sabu

Nekat menjadi Kurir narkoba jenis sabu sabu seberat 50 kg, seorang oknum polisi yang bertugas di Polres Siak, ditangkap di Parkiran Hotel di Kota Dumai, Provinsi Riau Jumat, 8 Juli 2022.

BNN Tangkap Oknum Polisi Bawa 50 Kg Sabu.

Photo :
  • TvOne/Muhammad Arifin

Terduga pelaku inisial E, berpangkat Aipda diamankan di jalan Jenderal Sudirman, di salah satu parkiran hotel. Aipda E diringkus saat berada di parkiran hotel saat membawa 50 kg sabu yang dikemas bungkus teh China.

Baca selengkapnya di sini.

5. Imam Besar Istiqlal: Tidak Ada Pembagian Daging Kurban

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar menegaskan bahwa pada tahun ini Masjid Istiqlal tidak menyelenggarakan pembagian daging kurban. Menurut Nasaruddin, Istiqlal hanya menerima hewan kurban.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sedangkan untuk pendistribusiannya, akan disalurkan kepada lembaga, yayasan ataupun masjid-masjid yang dianggap tepat. Dengan begitu, pendistribusian daging kurban akan diatur oleh masjid ataupun lembaga yang telah dipilih oleh Masjid Istiqlal.

Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya