Bintara Senior Aniaya Junior, Irjen Ferdy Sambo Tersangka

Irjen Pol Ferdy Sambo
Irjen Pol Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Round Up – Berita tentang tindakan kekerasan yang telah dilakukan oleh puluhan bintara senior kepada bintara remaja di Polres Muaro Bungo, Jambi, menjadi berita terpopuler di kanal News. Diketahui sebanyak 22 orang bintara senior melakukan kekerasan terhadap 20 bintara junior saat ini masih dalam pemeriksaan.

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, menegaskan para pelaku bakal dikenai sanksi disiplin maupun etik, baik itu pemberhentian tidak dengan hormat, demosi, ataupun tunda pangkat.

Berita lainnya yang juga masih menjadi pembicaraan hangat publik adalah terkait kemunculan istri Irjen Fredy Sambo, Putri Candrawathi, dan perseteruan Taiwan-China.

Berikut 5 berita paling banyak dibaca di kanal News yang dirangkum dalam round-up, Selasa 9 Agustus 2022. 

1. Puluhan Bintara Dipukul Senior, Kapolda Jambi Merespons

Kapolda Jambi, Irjen Pol Rachmad Wibowo

Kapolda Jambi, Irjen Pol Rachmad Wibowo

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo sangat menyesali tindakan kekerasan yang telah dilakukan oleh puluhan bintara senior kepada bintara remaja di Polres Muaro Bungo, Jambi. Dengan tegas, Kapolda pun mengatakan, anggota yang terlibat tindak kekerasan bakal dikenakan sanksi displin maupun etik, baik itu PTDH, demosi atau penundaan pangkat. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Sedang Nikmati Akhir Pekan, Keluarga Ini Temukan Pistol di Bawah Air

Kumpulan senjata api dan amunisi ditemukan di bawah sungai London

Kumpulan senjata api dan amunisi ditemukan di bawah sungai London

Photo :
  • SWNS/LAD Bible

Sebuah keluarga tengah menikmati akhir pekan di sungai London terkejut ketika mereka menemukan tumpukan besar senjata api yang dibuang. Dilansir VIVA dari itv.com, peristiwa ini terjadi di Catford pada 6 Agustus sore hari waktu setempat. Baca selengkapnya di sini.

3. Kamaruddin: Bu Putri Kan Perawatan, Kok Mukanya Beda Sama Aslinya

Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawati (kanan) saat mendatangi Mako Brimob.

Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawati (kanan) saat mendatangi Mako Brimob.

Photo :
  • VIVA/ Ridwan Putra.

Munculnya Putri Candrawathi di publik beberapa waktu lalu tak membuat pengacara keluarga Brigadir J, Kammaruddin Simanjuntak yakin bahwa yang muncul adalah Putri Candrawathi yang sebenarnya. Dalam sebuah wawancaranya, pengacara keluarga Brigadir J itu meragukan sosok yang tampil menangis terisak dan mengaku sebagai Putri Candrawathi. Baca selengkapnya di sini. 

4. Berhari-hari Merasa Terancam, Militer Taiwan Latihan Besar-besaran

Latihan militer Taiwan dilakukan secara teratur

Latihan militer Taiwan dilakukan secara teratur

Photo :
  • AP Photo/Wally Santana

Militer Taiwan memulai latihan artileri tembakan langsung, pada Selasa, 9 Agustus 2022, yang menyimulasikan pertahanan pulau itu dari ancaman serangan. Hal itu terjadi setelah berhari-hari latihan militer besar-besaran China terjadi di seberang wilayah Taiwan, kata seorang wartawan di lokasi pelatihan tersebut. Baca selengkapnya di sini.

5. Kapolri Tetapkan Ferdy Sambo Sebagai Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan pejabat Polri preskon kasus Brigadir J

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan pejabat Polri preskon kasus Brigadir J

Photo :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Aparat Kepolisian akhirnya mengumumkan tersangka baru kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Tersangka baru kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J ini adalah Eks Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Ferdy Sambo. Baca selengkapnya di sini