4 Jenderal Polisi Dipenjara, Perintah Ferdy Sambo, Suami AKP Rita

Irjen Pol Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Selamat pagi VIVAnians. Redaksi VIVA.co.id kali ini kembali menyajikan beberapa berita terpopuler dari kanal news sepanjang hari Rabu, 10 Agustus 2022.

5 KSAD Termuda Sepanjang Sejarah, Ada Peraih Gelar Jenderal Bintang 5

Lima berita terpopuler masih seputaran dengan kasus tewasnya Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J yang melibatkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Sambo pun sudah ditetapkan tersangka dengan sangkaan menjadi otak pembunuhan terhadap Brigadir J.

Selain berita mengenai Irjen Ferdy Sambo, ada juga satu berita mengenai polisi bernama AKP Rita yang dalam kasus kematian Brigadir J mendadak viral. Kali ini diulas sosok yang menjadi suami polwan cantik tersebut.

Komjen Fadil Imran Sebut Polri Sudah Susun Rencana Pengamanan terkait Sengketa Pemilu 2024

Berikut lima berita terpopuler yang sudah kami rangkum dalam round up. Selamat membaca !!

1. Bharada E dan Bripka RR Tulis Surat soal Ferdy Sambo Pemberi Perintah

Hampir 5 Ribu Aparat Gabungan Bakal Amankan Pengumuman Hasil Pemilu

Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Inspektur Pengawasan Umum Polri sekaligus ketua tim investigasi kasus baku tembak di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, menyampaikan keterangan kepada pers di Mabes Polri, Jakarta.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto mengungkap bahwa Bharada E dan Bripka Ricky Rizal menulis surat saat proses pemeriksaan oleh tim penyidik Bareskrim Polri. 

Surat tersebut, berisi tentang arahan dan suruhan dari atasannya, yaitu Irjen Pol Ferdy Sambo, untuk membunuh Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. 

"Yang bersangkutan pada saat dilaksanakan pemeriksaan mendalam ingin menyampaikan unek-unek. Dia ingin menulis sendiri. Tidak usah ditanya, Pak, saya menulis sendiri," kata Agung dalam keterangannya di Mabes Polri, Selasa, 9 Agustus 2022. 

Baca selengkapnya di sini

2. 4 Jenderal Polisi yang Dipenjara, Susno Duadji hingga Ferdy Sambo

Irjen Ferdy Sambo

Photo :
  • Humas Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan jika anak buahnya mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Ferdy Sambo diketahui memerintah Bharada Richard Eliezer atau Baharada E untuk menembak mati Brigadir J.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Kapolri pada Selasa malam, 9 Agustus 2022 di Mabes Polri. Selain mengumumkan Ferdy Sambo sebagai tersangka, Jenderal Sigit juga menjelaskan jika peristiwa yang terjadi sebenarnya bukan tembak menembak melainkan pembunuhan. Meski belum diketahui motif dari kejadian ini.

Ferdy Sambo yang sudah dibawa ke Mako Brimob sejak Sabtu malam kemarin kini menjadi tahanan resmi. Dalam kasus ini, Kapolri memastikan pengusutan Kaskus berjalan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Baca selengkapnya di sini

3. Penyebab Polisi Nakal Kata Irjen Sambo: Tidak Tahan Hawa Nafsu

Irjen Pol Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pembunuhan berencana terhadap ajudannya, Brigadir Nofryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Jauh sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Sambo dikenal sebagai jenderal bintang dua termuda di lingkungan Korps Bhayangkara.

Sambo pernah menjabat sebagai Kapolres Brebes dan Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadirreskrimum) Polda Metro Jaya, sebelum akhirnya menduduki jabatan Kadiv Propam Polri.

Baca selengkapnya di sini

4. Viral Irjen Sambo Ngomong Propam Harus Jadi Contoh, Tapi Sambil Mesem

Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mantan Kadiv Propam Mabes Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo kini tengah menjadi sorotan setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana terjadap ajudannya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabaran atau Brigadir J. Karena itu juga saat ini sebuah video wawancara VIVA dengan Sambo beberapa waktu lalu menjadi viral di media sosial.

Dalam wawancara tersebut, Sambo mengatakan, bahwa dia terus memberikan semangat dan motivasi kepada jajarannya di Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri. Sambo mengatakan, bahwa Divisi Propam harus mampu menjadi garda terdepan dalam menerapkan peraturan dan hukum yang berlaku.

"Saya sampaikan memberikan semangat spirit kepada anggota-anggota bahwa kita harus terus bisa menjadi Garda terdepan," kata Sambo dalam wawancara bersama VIVA.

Baca selengkapnya di sini

5. Profil AKP Komang Suami AKP Rita Yuliana yang Sedang Digosipkan

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jember AKP Komang Yogi Arya Wiguna

Photo :
  • ANTARA

Sosok polisi wanita bernama AKP Rita Yuliana sempat menjadi sorotan masyarakat karena terseret dalam kasus khusus tewasnya Brigadir J pada Jumat, 8 Juli 2022. Sebab, isu yang beredar menyebut jika polwan cantik ini memiliki hubungan dengan Irjen Pol Ferdy Sambo , mantan Kadiv Propam.

Diketahui AKP Rita Yuliana memiliki suami bernama AKP Komang Yogi Arya Wiguna. Komang merupakan seorang perwira polisi dan dirinya mempersunting AKP Rita pada bulan sepetber 2014 silam. Memiliki pangkat AKP, menandakan bahwa Komang sudah banyak duduk dan berada di posisis strategis Polri.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya