Bocah Tersambar Kereta, Pengusaha Protes Jokowi hingga Prediksi Badai dan Banjir

Ilustrasi cuaca ekstrem.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA Round up – Selamat pagi VIVAnians. Menjelang akhir tahun masih banyak berita-berita menarik yang disajikan. Sepanjang hari kemarin, ada lima berita terpopuler yang paling banyak dibaca. Pertama mengenai berita menyedihkan dimana seorang bocah di Tangerang yang tewas tersambar kereta.

5 Negara Terbaik Untuk Menikmati Masa Tua

Lalu ada berita protes dari pengusaha ke Presiden Jokowi soal aturan larangan penjualan rokok batangan. Ketiga ada soal Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) yang memprediksi wilayah Jabodetabek akan diterjang badai dan banjir besar. BRIN meminta masyarakat waspada.

Selanjutnya ada berita soal lima negara dengan populasi paling sedikit di dunia. VIVAnians tertarik mau pindah?

Bocah 7 Tahun Tewas Usai Keracunan Mi Instan di India, Anggota Keluarga Kritis di Rumah Sakit

Terakhir ada kabar soal ramai cover majalah The Week yang disebut ada Presiden Jokowi. Ternyata bukan. Lalu siapa yang ada di-cover majalah tersebut?

Lima berita terpopuler VIVA.co.id kanal news sepanjang Selasa kemarin, 27 Desember bisa ada baca kembali dan sudah terangkum dalam round up:

Terpopuler: Sarwendah Ancam Netizen sampai Jokowi Hadir ke Nikahan Rizky Febian

1. Lari Dikejar Ibunya, Bocah di Tangerang Tewas Tersambar Kereta

Bocah di Tangerang tewas tersambar kereta

Photo :
  • VIVA/Sherly

Fikih, anak laki-laki berusia 9 tahun, tewas seketika usai tersambar atau tertabrak Communter Line atau KRL rute Tanah Abang - Rangkas Bitung, Senin, 26 Desember 2022. Peristiwa itu terjadi di perlintasan kereta api Stasiun Jambe, Desa Daru, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang pada pagi tadi, pukul 09.15 WIB.

Bermula saat korban sedang asyik bermain di halaman rumahnya, yang kemudian memilih untuk bermain ke luar dari rumahnya. Melihat anaknya keluar dari rumah, ibu korban langsung memanggil, untuk meminta korban kembali masuk ke dalam rumah. 

"Saat dipanggil ibunya, korban tidak menurut dan memilih lari ke luar area gang rumah mereka," kata Kepada Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir. 

Baca selengkapnya di sini

2. Pengusaha Protes Jokowi Bakal Larang Rokok Dijual Batangan, Ini Alasannya

Rak rokok di minimarket (foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVAnews/Arrijal Rachman

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melarang penjualan rokok batangan atau diketeng. Hal itu tertuang dalam lampiran Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 25 Tahun 2022, tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah Tahun 2023.

Merespons hal tersebut, Ketua Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (Gaprindo) Benny Wahyudi menyatakan bahwa para pengusaha tidak setuju atas Keppres tersebut.

"Kami dari industri hasil tembakau tidak sependapat terkait larangan penjualan ketengan ini," kata Benny saat dihubungi VIVA, dikutip Selasa, 27 Desember 2022.

Baca selengkapnya di sini

3. Peneliti BRIN Prediksi Jabodetabek Diterjang Badai dan Banjir Besar Besok

Waspada cuaca ekstrem.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Ahli Klimatologi di Pusat Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin, mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) untuk mewaspadai adanya ancaman badai dan banjir besar pada Rabu 28 Desember 2022 besok. Hal tersebut diungkapkan Erma melalui akun instagramnya @EYulihastin.

Dalam postingannya Erma meminta masyarakat waspada, khususnya bagi masyarakat yang berada di daerah Tangerang dan Banten. Menurut Erma, besok di wilayah tersebut berpotensi terjadu hujan ekstrem dan badai dahsyat.

"Potensi Banjir Besar Jabodetabek, Siapapun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," kata Erma, dikuti Viva pada Selasa 27 Desember 2022.

Baca selengkapnya di sini

4. 5 Negara dengan Populasi Paling Sedikit, Tertarik Pindah?

Negara Vatikan

Photo :
  • Bussiness World

Populasi didefinisikan sebagai jumlah total orang yang tinggal di suatu negara atau wilayah. Berdasarkan GlobalData pada Juli 2022, populasi diperkirakan akan meningkat sebanyak 81 juta orang setiap tahun.

Di sisi lain, masih ada negara dengan populasi paling sedikit di dunia. Faktor yang mempengaruhi sedikitnya populasi suatu negara adalah luas negara yang kecil, tingkat perkembangan, fungsi lahan, serta iklim.

Baca selengkapnya di sini

5. Ternyata Bukan Jokowi yang Ada di Cover Majalah The Week

Cover majalah The Week

Photo :
  • Twitter @ua_parliament

Baru-baru ini viral di media sosial mengenai sampul atau cover majalah The Week yang tertulis terbit edisi 24 Desember 2022 lalu. Lantaran cover majalah tersebut terdapat ilustrasi tokoh-tokoh dunia yang banyak diperbincangkan di tahun 2022.

Cover majalah asal Inggris itu menjadi viral usai warganet berspekulasi bahwa adanya sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam cover tersebut. Sosok Presiden Jokowi dalam karikatur tersebut diduga berada di samping Presiden China, Xi Jinping.

Dilihat dari cover tersebut, tampak menampilkan sejumlah pemimpin dunia, seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, hingga Presiden China Xi Jinping dan Pangeran Charles, serta Elon Musk.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya