Kontroversi Bupati Meranti, LPSK Respons Nindy Ayunda hingga Moeldoko Cs Tantang Debat Trio Cikeas

KPK menetapkan Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil sebagai tersangka
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil, dalam operasi tangkap tangan (OTT), Kamis, 6 April 2023 malam. 

KPK Resmi Tahan Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebutkan, Adil ditangkap karena diduga terkait suap pengadaan jasa umrah.  "(Ditangkap terkait) suap pengadaan jasa umrah. Tindak pidana korupsi yang diduga adalah pemotongan uang persediaan dan ganti uang persediaan (UP dan GUP) dipotong 5-10 persen,” kata Nurul Ghufron dikonfirmasi awak media, Jumat, 7 April 2023.

KPK lantas menetapkan Adil bersama dua orang lainnya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Dewas KPK Santai Jika Gugatan Ghufron ke PTUN Dikabulkan: Gak Apa-apa, Itu Berlaku ke Depan

Bupati Meranti Muhammad Adil bawa koper tiba di KPK

Photo :
  • Edwin Firdaus

Sebelumnya, Adil sempat menarik perhatian publik dengan pernyataannya yang menyebutkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diisi oleh iblis hingga menyinggung soal angkat senjata terhadap pemerintah pusat.  

Moeldoko: Young People Need to Learn about State Governance

Artikel mengenai Bupati Kepulauan Meranti tersebut menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA, Minggu, 9 April 2023.

Selain tentang bupati tersebut,  berita tentang Kepala Staf TNI Angkatan Darat (AD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memberangkatkan keluarga Pahlawan Revolusi untuk ibadah umrah juga menarik animo pembaca di kanal News VIVA.

Tak hanya berita-berita tersebut, sejumlah berita lainnya juga menarik perhatian pembaca VIVA. Berikut ini lima berita terpopuler di kanal News VIVA, Minggu, 9 April 2023 yang dirangkum dalam tulisan round up

1. Dari Kasus Korupsi Hingga Sebut Kemenkeu Iblis, Ini Kontroversi Bupati Kepulauan Meranti

Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil akhirnya ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi, setelah tertangkap di operasi tangkap tangan (OTT) bersama puluhan orang lainnya di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. 

"KPK menetapkan tiga orang tersangka sebagai berikut, Bupati Kepulauan Meranti periode 2021 sampai dengan 2024, MA (Muhammad Adil). Lalu kemudian, FN (Fitria Nengsih) selaku Kepala BPKAD Pemkab Kepulauan Meranti dan MFH (M Fahmi Aressa) selaku Pemeriksa Muda BPK Perwakilan Riau,” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers, dilansir VIVA, Sabtu, 8 April 2023. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Apresiasi KSAD, DPR: Inisiasi Positif Beri Penghargaan ke Keluarga Pahlawan Revolusi

Cara Kepala Staf TNI Angkatan Darat (AD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memberangkatkan keluarga Pahlawan Revolusi untuk ibadah umrah dapat apresiasi. Dari Komisi I DPR, langkah Dudung sebagai inisiasi positif. 

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Photo :
  • Instagram @dudung_abdurachman

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKB Taufiq R Abdullah menyebut selain inisiasi positif, langkah Dudung juga bisa jadi contoh yang baik. “Ini sebuah inisiatif yang sangat positif dan patut diteladan dengan (KSAD Dudung) memberikan penghargaan kepada pahlawan revolusi," kata Taufiq kepada wartawan, Sabtu, 8 April 2023. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Nindy Ayunda Minta Perlindungan karena Ngaku Diteror Oknum TNI, Begini Jawaban LPSK

Kekasih Dito Mahendra, Nindy Ayunda melapor ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Dia mengaku dan membuat laporan dirinya merasa diteror oleh orang tak dikenal yang diduganya oknum TNI. 

Pengaduan Nindy itu direspons LPSK. Namun, masih berproses dan didalami Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo mengatakan laporan Nindy Ayunda sedang diteliti.

Nindy Ayunda

Photo :
  • IG @nindyayunda

Menurut Hasto, seseorang yang ingin dilindungi LPSK berdasarkan aturan yaitu saksi, korban, pelapor, pelaku yang bekerja sama (JC) dan ahli.  "Baru ajukan permohonan ke Biro Penelaahan Permohonan, masih harus diinvestigasi dan asesmen," kata Hasto saat dikonfirmasi, Minggu 9 April 2023. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Geram Moeldoko Cs Tantang Debat Trio Cikeas, Demokrat: Unfaedah, Kehaluan Luar Biasa

Kubu Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) pimpinan Moeldoko menantang trio Cikeas untuk debat terbuka. Trio Cikeas yang dimaksud Moeldoko Cs adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ehie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. 

Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan (KSP)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Elite Demokrat yang sah pimpinan AHY pun merespons ajakan debat tersebut. Deputi Badan Pemenangan Pemilu Demokrat Kamhar Lakumani geran dengan tantangan dari Moeldoko Cs. Dia menyebut Moeldoko Cs sebagai Demokrat hasil KLB abal-abal sehingga tak perlu ditanggapi. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Moeldoko Cs Tantang Debat Trio Cikeas: Penguasa Absolut Tanpa Batas Demokrat

Kubu pengurus Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang pimpinan Moeldoko kembali bermanuver. Mereka menantang trio Cikeas untuk debat terbuka dan disiarkan media massa. 

Trio Cikeas yang dimaksud Moeldoko Cs yaitu Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Wakil Ketua Umum DPP Demokrat Ehie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Tantangan debat itu disampaikan Kepala Departemen Komunikasi dan Informatika Partai Demokrat versi Moeldoko, Saiful Huda Ems. Baca berita selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya