Gerhana Matahari Pertanda Akhir Ramadhan, TNI Tolak Humanis ke KKB Papua

Gerhana Matahari.
Sumber :
  • NU Online

VIVA Round Up Gerhana matahari akan terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia pada Kamis, 20 April 2023. Gerhana matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Uniknya, gerhana matahari ini terjadi di bulan Ramadhan, bulan suci dimana umat Muslim sedunia tengah melaksanakan ibadah puasa.

Korlantas Minta Pelat Nomor Dinas Lembaga Tercatat di Database Polri

Uniknya, gerhana matahari ini terjadi di bulan Ramadhan, bulan suci dimana umat Muslim sedunia tengah melaksanakan ibadah puasa. 

Kemudian, kabar teranyar lainnyadatang dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tengah menganalisa laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) milik Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana.

Dewas KPK Ungkap Alasan Nurul Ghufron Absen Sidang Etik

Berita-berita terpopuler di laman News VIVA sepanjang Rabu, 19 April 2023, dapat Anda simak dalam Round Up berikut ini:

1. Gerhana Matahari 20 April, Benarkah Pertanda Akhir Ramadhan 1444 H?

Wanita Arab Saudi Ini Dihukum 11 Tahun Bui Gegara Pakaian dan Postingan di Medsos

Ilustrasi Gerhana Matahari.

Photo :
  • Humas Universitas Brawijaya.

Peristiwa ini terjadi akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Juga hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya. Sehingga muncul anggapan bahwa setiap gerhana matahari pasti terjadi di akhir bulan, sedangkan gerhana bulan pasti terjadi di tengah bulan. Benarkah yang demikian?

Alumni Magister Ilmu Falak UIN Walisongo, Najmuddin Saifullah mengatakan peristiwa gerhana terbentuk dengan melibatkan tiga benda langit yaitu: Matahari, Bumi, dan Bulan. Menurutnya, untuk memahami gerhana harus dimulai dengan memahami fase Bulan. Perhitungan fase Bulan dipengaruhi oleh posisi Bulan terhadap Matahari.

Ketika Bulan dan Matahari berdekatan atau memiliki nilai ekliptika yang sama, maka dimulai fase bulan baru. Sedangkan ketika Bulan dan Matahari berkebalikan atau memiliki nilai ekliptika mendekati 180°, maka fasenya adalah bulan purnama.

Baca selengkapnya di tautan ini

2. KPK Lagi Usut Harta Kekayaan Reihana, Kadis Kesehatan Lampung yang Pamer Barang Mewah

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana

Photo :
  • Istimewa/VIVA/Pujiansyah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengabarkan tengah menganalisa laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) milik Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana.

Harta Reihana ramai diperbincangkan publik buntut postinganya di media sosial yang dinilai kerap memamerkan harta kekayaan.

Baca selengkapnya di tautan ini

3. Siaga Tempur, Panglima TNI Tegaskan Tak Akan Humanis ke KKB Papua

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono jumpa pers di Lanud Timika, Papua

Photo :
  • Puspen TNI

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan prajurit TNI tetap mengedepankan operasi humanis bagi warga Papua, tapi tidak bagi Kelompok Separatis Teroris (KST) atau KKB Papua. Laksamana Yudo memastikan operasi humanis TNI hanya bagi masyarakat di wilayah operasi.

"Operasi humanis itu bukan untuk KKB, untuk semua masyarakat di daerah operasi, masa kalau ada KKB lagi kontak masa kita humanis? Ya habis," kata Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat jumpa pers di Lanud Yohanis Kapiau, Timika, Papua pada Selasa, 18 April 2023.

Baca selengkapnya di tautan ini

4. Arab Saudi Keluarkan Fatwa Tidak Wajib Salat Jumat Jika Mengikuti Salat Idul Fitri

The Mukaab, bangunan di Arab Saudi yang mirip Kabah

Photo :
  • AsiaNews

Arab Saudi telah mengeluarkan fatwa baru yang tidak mewajibkan sholat Jumat untuk umat Islam yang telah melaksanakan sholat Idul Fitri. Hal ini karena Idul Fitri 1444 H diprediksi akan jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023 di mayoritas negara Timur Tengah.

Melansir laman Gulf News, The International Astronomy Center (IAC) mengumumkan bahwa mayoritas negara-negara Arab diperkirakan akan melihat hilal bulan Syawal 144 H pada Kamis, 20 April 2023 mendatang.

Baca selengkapnya di tautan ini

5. Suami Siri Otak Pembunuh Sinta Wanita Open BO Juga Berprofesi Sebagai Supranatural

Ilustrasi tersangka kasus kejahatan diborgol

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Kepolisian Resor Mojokerto berhasil menangkap dua pelaku pembunuhan MNW alias Sinta (26), wanita Open BO di kamar kos Dusun Nambangan, Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Salah satu pelaku adalah IYP alias Irfan (26) yang merupakan suami siri dari korban yang berprofesi sebagai Supranatural.

Menurut polisi, Irfan diduga sebagai otak pembunuhan terhadap ibu muda satu anak tersebut. Pelaku Irfan disebut juga punya praktik jasa supranatural di Surabaya.

Baca selengkapnya di tautan ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya