Terpopuler: UMP Naik Mulai 2024, MUI Haramkan Beli Produk yang Berafiliasi Israel

Demo buruh di kantor Kementerian Ketenagakerjaan.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Round Up – Dinaikkannya upah minimum provinsi (UMP) 2024 oleh pemerintah menjadi pilihan pembaca VIVA.co.id terbanyak sepanjang Minggu, 12 November 2023.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Selain itu, fatwa yang baru saja dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel ke Palestina adalah haram hukumnya, juga menjadi pilihan pembaca. 

Berita-berita terpopuler di laman News VIVA sepanjang Minggu, 12 November 2023, dapat Anda simak dalam Round Up berikut ini:

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

1. Pemerintah Naikkan UMP Jakarta, Berlaku 1 Januari 2024

Pemerintah Indonesia menaikkan upah minimum provinsi (UMP) 2024. Kenaikan UMP itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan dan diumumkan paling lambat pada 21 November 2023.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Selengkapnya bisa dibaca di tautan ini.

2. Catat! Ini Daftar Lengkap Produk Afiliasi Israel yang Diharamkan MUI

Majelis Ulama Indonesia (MUI) baru saja mengeluarkan fatwa, bahwa membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel ke Palestina adalah haram hukumnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Damawan.

Ketua MUI bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh menegaskan bahwa fatwa tersebut merupakan bentuk komitmen dukungan kepada perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina dan juga perlawanan terhadap agresi Israel serta upaya genosida. Beritanya dapat dibaca di tautan ini.

3. Demi Palestina, Presiden Iran Rela Injakkan Kaki ke Arab Saudi

Presiden Iran Ebrahim Raisi tiba di Arab Saudi pada hari Sabtu untuk menghadiri pertemuan puncak mengenai Gaza.

Kunjungannya kali ini menjadikannya presiden Iran pertama yang menginjakkan kaki di kerajaan Teluk itu selama bertahun-tahun, setelah mencairnya hubungan kedua negara yang bersaing lama pada awal tahun ini, yang membuat mereka memulihkan hubungan diplomatik. Selengkapnya baca di tautan ini.

4. Tampang Pelaku Pembunuhan Karyawan MRT Jakarta, Terancam Hukuman Mati

Kasubdit Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Titus Yudho Ully mengatakan ketiga pelaku pembunuhan korban DDY (38), pegawai MRT Jakarta, yang mayatnya dibuang di Banjir Kanal Timur (BKT), Cakung, Jakarta Timur, terancam hukuman mati.

Ketiga pelaku yang berhasil ditangkap aparat, masing-masing berinisial R (29) sebagai pemilik ide, IS (31) eksekutor, JS (48) sebagai penadah, dan satu pelaku masih buron atau daftar pencarian orang (DPO). Selengkapnya baca di tautan ini.

5. Pemuda Viral Tempelkan Al Quran di Kemaluan Ditangkap, Motifnya Konyol

Satreskrim Polres Tanah Datar menangkap seorang pemuda pelaku dugaan tindak pidana penistaan agama. Pelaku NWH (18) sebelumnya bikin heboh di media sosial dengan sengaja menodai agama Islam dengan cara menempelkan kemaluannya di atas kitab suci Al Quran sambil masturbasi. 

Pelaku NWH ditangkap di rumah kontrakan di kawasan Jorong Simpuruik Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, pada Jumat, 10 November 2023. Selengkapnya baca di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya