Serunya Menjajal Sepeda Listrik 'Jadul'

Sepeda listrik Italjet
Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Selain meluncurkan PT Garansindo Inter Global melalui anak perusahaanya PT Garansindo Technologies juga meluncurkan sepeda elektrik (e-bike), Italjet.

Empat Mobil Ferrari Curi Perhatian Pengunjung IIMS 2016

Sepeda elektrik yang berasal dari Bologna, Italia ini secara resmi diluncurkan bersamaan dengan acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 yang digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Menurut President Director PT Garansindo Technologies, Rieva Muchsin, meskipun tampilan sepeda. Namun, kendaraan ini sarat inovasi teknologi yang ramah lingkungan dengan sentuhan kreatif dan melibatkan pengrajin dalam setiap desainnya.

Kini di Mobil Bisa Nonton Siaran TV Berbayar

VIVA.co.id berkesempatan menjajal sepeda listrik unik ini, Senin 24 Agustus 2015. Tipe sepeda yang diuji adalah Ascot, yang dibanderol Rp51,9 juta. Sebelum memulai perjalanan, terlebih dulu salah seorang pegawai Garansindo menjelaskan bagaimana cara pengoperasian sepeda ini.

Meski bentuknya terlihat klasik layaknya sepeda ontel, namun Ascot dilengkapi dengan banyak sekali teknologi canggih. Salah satunya adalah motor listrik yang juga berfungsi sebagai poros roda depan.

Dyandra Klaim Banyak Kejutan di IIMS 2016

Motor listrik ini terhubung melalui kabel ke setang sepeda. Ada sebuah tombol kecil di setang sebelah kiri yang berfungsi sebagai tuas gas. Namun uniknya, motor listrik akan tetap bekerja meski pengendara tidak mengaktifkan tuas tersebut.

Pengendara hanya perlu mengayuh pedal, maka otomatis tenaga listrik akan mengalir ke roda depan. Pengendara dapat mengatur seberapa cepat motor listrik berputar, dengan pilihan 1-5, yang ditampilkan pada panel indikator di tengah setang.

Karet pegangan tangan pada setang bagian kanan dilengkapi juga dengan fitur khusus untuk mengatur kondisi medan yang akan dilalui. Saat diposisikan untuk medan menanjak, maka motor listrik akan berfungsi, meski pengendara mengayuh dengan pelan.

Jika diinginkan, pengendara juga bisa menggunakan Ascot sebagai sepeda santai yang digerakkan tanpa bantuan motor listrik. Cukup putar kunci kontak ke posisi off, maka Ascot berubah fungsi menjadi sepeda biasa.

Saat dicoba untuk melintasi tanjakan yang cukup tinggi, terasa bantuan motor listrik sangat berguna. Jangan khawatir akan kecepatan sepeda ini, karena baik roda depan maupun belakang telah dilengkapi dengan rem jenis cakram.

Awalnya memang terasa aneh, mengendarai sepeda yang kecepatannya tidak dikendalikan sepenuhnya oleh kayuhan kaki. Namun setelah terbiasa, maka nikmat yang ditawarkan mulai bisa dirasakan.

Jika Anda ingin merasakan sensasi mengendarai sepeda listrik Italjet, Anda dapat mencobanya secara gratis dengan mengunjungi booth Garansindo di IIMS 2015.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya