Cerita Ridwan Kamil Soal Aroma Tubuh Jasad Eril

Keluarga Ridwan Kamil mencium keranda jenazah almarhum Eril
Sumber :
  • IG @ataliapr

VIVA – Kepergian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil untuk selama-lamanya masih menyisakan duka yang mendalam untuk keluarga, sejawat, dan bahkan jutaan rakyat di Indonesia. Berbagai berita tidak henti-hentinya mengupas tentang sosok Eril. 

Jenazah Alexsander Parapak Korban Penembakan KKB Dievakuasi ke Mimika

Mulai dari dinyatakan hilang pada Kamis, 26 Mei 2022 sampai ditemukan dan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022. Emmeril Kahn Mumtadz telah dikebumikan di pemakaman keluarga di Kampung Geger Beas, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. 

Ridwan Kamil pun menjelaskan bagaimana kondisi persis yang dia lihat dan alami sendiri ketika proses memandikan jenazah Eril. Ia menyebut, jenazah Eril memang harum dan bersumpah akan apa yang diucapkan adalah benar. 

Jenazah Taruna STIP Tewas Diduga Dianiaya Senior Akan Dibawa ke Bali Besok

Mantan Wali Kota Bandung itu menyebut tidak menyangka kondisi jasad Eril masih utuh, mengingat telah 14 hari ia menghilang dan terendam di air Sungai Aare, Bern, Swiss. Selain itu, para pengurus yang membantu memandikan jenazah Eril di Swiss sama sekali tidak menggunakan masker. Hal ini karena jenazah Eril yang masih utuh. 

"Namanya orang tua ya, 14 hari hilang tuh udah 'apapun yang akan saya lihat saya terima, saya ikhlas' udah gitu kan. Pengurusnya saja enggak pake masker, karena badannya utuh, nggak ada bau, saya bilang harum itu saya bersumpah," ucap Ridwan Kamil dikutip VIVA dari akun TikTok @ngild_29. 

Siap Maju di Pilkada Jakarta, Ahmed Zaki Lakukan Ini Untuk Dongkrak Elektabilitas

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengatakan bahwa aroma yang ia hirup dari jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril seperti harum sayur direbus kemudian timbul bau daun peppermint. 

"Jadi harumnya tuh kayak sayur direbus, terus kayak ada harum (daun) peppermint, ya kira-kira itu harumnya. Kebayang kan," tambahnya.

Sementara dalam pemberitaan VIVA sebelumnya, Ridwan Kamil mendapatkan kabar bahwa Eril telah ditemukan oleh Kepolisian Bern pada Rabu 8 Juni 2022 waktu setempat. Kang Emil kemudian membagikan ciri-ciri jasad Eril yang dia lihat langsung. Ia juga menyebut bahwa jasad sang anak utuh tanpa kurang satu apapun. 

"Jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus,” tutur Ridwan Kamil seperti dikutip dari VIVA pada Selasa, 14 Juni 2022. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya