Surat Berisi Kemarahan John Lennon Dilelang Rp491 Juta

Paul McCartney dan John Lennon
Sumber :
  • NBC News

VIVA Showbiz – The Beatles memang salah satu (atau mungkin satu satunya) group band yang paling terkenal di dunia, bahkan setelah anggotanya wafat dan bandnya bubar. Hingga kini, mulai dari usia belia hingga dewasa, fans The Beatles masih masif. 

Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Hal - hal yang berhubungan dengan The Beatles pun kerap jadi omongan dan ekslusif. Salah satunya surat ini. Mengutip The Independent, surat yang ditulis John Lennon kepada Paul McCartney, yang berisi kemarahannya, kini dilelang dengan harga awal US$33 ribu atau setara dengan Rp491 juta. 

Surat kemarahan John Lennon kepada Paul McCartney

Photo :
  • The Independent
MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Surat tersebut ternyata masuk dalam seri lelang Gotta Have Rock And Roll. Surat tersebut berisi 3 halaman tulis tangan, yang merupakan tanggapan Lennon terhadap wawancara yang dilakukan McCartney dengan majalah Melody Maker pada 1971. Surat itu ditulis 18 bulan pasca band The Beatles bubar.

Dalam wawancara itu, Paul McCartney terang-terangan membahas hubungan keempat anggota The Beatles yang sudah diujung tanduk sekaligus menyinggung John Lennon dan istrinya, Yoko Ono. 

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

Dalam surat tersebut, Lennon juga membahas mengenai McCartney yang ia anggap tak mengerti makna dari lagunya. Ia tak setuju dengan pandangan McCartney bahwa lagu "Imagine" harusnya jangan dikaitkan dengan unsur politik.

"Ini (lagu Imagine) kelas menengah bawah yang ditaburi pemanis di atasnya, khusus untuk kaum konservatif sepertimu. Kamu jelas tidak mengerti kata-kata itu. Imagine!" tulis Lennon. 

Meski begitu, di akhir surat, Lennon kembali berkata bahwa ia tidak ingin bermusuhan terus dengan McCartney agar keduanya tidak menyimpan perasaan buruk. 

"Aku tahu kita pada dasarnya menginginkan hal yang sama, dan seperti yang aku katakan di telepon dan dalam surat ini, kapan pun Kamu ingin bertemu, Kamu hanya perlu meneleponku." tulis Lennon.

Paul McCartney dan John Lennon

Photo :
  • NBC News

Surat ini menjadi satu dari 90 barang bersejarah dari koleksi The Beatles yang dilelang, mulai dari gitar, piringan hitam sampai kartu pos yang ditulis tangan oleh para personel The Beatles. 

The Beatles terbentuk di Liverpool pada 1960 dengan empat anggota, yakni John Lennon, Paul McCartney, George Harrsion, dan Ringo Starr. Kini, anggota The Beatles yang masih hidup adalah Paul McCartney dan Ringo Starr. Lagu-lagu hits mereka masih sering terdengar hingga kini, seperti Yesterday, Let it Be, Yellow Submarine dan lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya