Helmy Yahya Rilis Novel Sejarah Clavis Mundi, Tentang Penjelajah Bumi Asal Indonesia

Helmy Yahya merilis sebuah buku berjudul
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aiz Budhi

VIVA Showbiz – Presenter Tanah Air, Helmy Yahya merilis sebuah buku berjudul "Clavis Mundi" (kunci dunia), tentang penjelajah bumi dari Indonesia yang bernama Enrique.

Dipimpin Umar Kei, FPMM Deklarasi Dukung Murad Ismail di Pilgub Maluku 2024

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima VIVA, selama 500 tahun, bangsa Eropa mengakui Magellan dan Elcano sebagai pengeliling bumi pertama karena mereka adalah bangsanya sendiri. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Namun, fakta yang ditutupi adalah bahwa ternyata yang berhasil lebih dulu untuk mengelilingi bumi adalah Enrique, anak asli Maluku. Hal itu yang dituangkan Helmy Yahya dalam bukunya tersebut. Sebelumnya, Helmy Yahya juga pernah menuliskan sosok Enrique dalam bukunya yang berjudul "Pengeliling Bumi Pertama adalah Orang Indonesia: Enrique Maluku" (2014). 

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Enrique adalah seorang tokoh penting dalam sejarah Indonesia yang dapat dibanggakan karena berhasil mengelilingi bumi. Indonesia dapat berbesar hati memiliki tokoh sejarah layaknya Enrique. Helmy Yahya berharap orang Indonesia sadar akan pentingnya sosok ini dan jangan sampai jatuh ke tangan negara lain.

"Indonesia kita hebat banget, sayang kita suka mengabaikan kehebatan kita, potensi kita budaya kita banyak diambil orang diprotes, batik diambil orang protes, tapi kita sendiri gak pernah merawatnya. Ada tokoh Indonesia hebat. Kita gak boleh lupa, pelaut kita dulu hebat," kata Helmy Yahya di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 25 Novembet 2022.

PAN Lebih Utamakan Kadernya Maju di Pilkada 2024

Keyakinan Helmy Yahya akan Enrique sebagai pengeliling bumi pertama asal Indonesia adalah berdasarkan catatan sejarah Antonio Pigafetta dan Maximilianus Transylvanus, serta hasil riset mendalam dari Reinhard Tawas. Enrique dipercaya sebagai pengeliling bumi pertama, asal Maluku, salah satu provinsi yang berada di Indonesia saat ini. 

Helmy Yahya mengemas sejarah itu dalam bentuk novel berjudul Clavis Mundi. Tidak main-main, Helmy Yahya dan tim melakukan riset luar biasa hingga keluar negeri yakni Jenewa, Swiss untuk penggarapan buku Clavis Mundi. Dengan adanya novel ini, Helmy Yahya ingin mengenalkan tokoh penting Enrique ke generasi penerus.

"Kita riset ke banyak perpustakaan, kita senang dengan trivia, dari beberapa buku kita eksplor, terakhir ada film Spanyol, jelas ada Enrike dan implisit dia orang Maluku. Saya Jenewa, dokumen tetap ada di luar. Kita bukan bangsa yang rapih membuat dokumen, budaya kita bukan nulis tapi bertutur," kata Helmy Yahya.

Selama beratus-ratus tahun, banyak orang mengira Ferdinand Magellan adalah orang pertama yang berhasil mengelilingi bumi. Padahal, faktanya Ferdinand Magellan terbunuh di Mactan, Filipina dalam perang melawan Raja Lapu-Lapu yang sangat antipati terhadap kedatangan Bangsa Eropa.

Enrique Maluku yang pada saat itu ikut dalam Armada De Moluccas, berperan sebagai tangan kanan Ferdinand Magellan dan penerjemah dalam ekspedisi ini. Dengan sampai di Cebu, Filipina, Enrique Maluku sudah melengkapi putaran keliling bumi 360 derajat, lebih cepat 17 bulan daripada Sebastian de Elcano.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya