Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

Buku yang Dibaca Camillia Azzahra alias Zara
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Jakarta – Keputusan Camillia Laetitia Azzahra atau yang akrab disapa Zara untuk melepaskan hijabnya menuai penasaran banyak orang. Karena itu, publik pun penasaran dan menduga-duga penyebab Zara melepaskan hijabnya saat memutuskan berkuliah ke luar negeri. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Salah satunya publik menduga bahwa putri Ridwan Kamil itu terpengaruh oleh salah satu buku yang berjudul Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia atau Sapiens: A Brief History of Humankind yang merupakan karya penulis dari Israel

Untuk diketahui, buku tersebut adalah karya dari Dr. Yuval Noah Harari yang berasal dari Israel. Ia adalah profesor sejarah sehingga bukunya banyak dibicarakan sampai sekarang. Buku ini juga masuk ke dalam daftar bacaan orang-orang berpengaruh seperti Bill Gates dan Barack Obama. 

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Buku yang Dibaca Camillia Azzahra alias Zara

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Bukan hanya itu, di Indonesia sendiri beberapa artis seperti Maudy Ayunda dan Ariel Noah masuk ke dalam deretan artis yang membaca buku Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia. Yuval Noah Harari menceritakan tentang manusia di dalamnya yang berevolusi. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Ia melihat bahwa manusia pertama kali berevolusi sekitar 2,5 juta tahun lalu di Afrika. Hal ini terbukti karena ditemukan alat perkakas terbuat dari batu. Kemudian, 2 juta sampai 10.000 tahun lalu beberapa spesies manusia mengalami evolusi dan menyebar ke seluruh dunia. 

Pemahaman tersebut bisa menjadi kritik bagi manusia zaman sekarang yang dengan tindakannya bisa mengancam kelangsungan umat manusia yang lain. Untuk memahami isi buku tersebut, maka kamu harus membaca lebih jelas buku setebal 500 halaman tersebut. 

Menurut pantauan dari akun Instagram resmi Zara, ia sebelumnya sempat mengunggah sebuah buku berjudul Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia. Ia juga menuliskan keterangan unggahan, "Sedang belajar mencintai buku nonfiksi," tulis Zara. 

Zara, anak Ridwan Kamil.

Photo :
  • Instagram @camilliazr.

Saat ini, buku karya penulis dari Israel tersebut dijual secara online dengan harga Rp255.000 di situs penjualan buku online. Bahkan, buku dengan judul asli Sapiens: A Brief History of Humankind itu telah dijual sejak 29 April 2015 lalu.

Buku ini juga sudah mendapatkan review dari sejumlah pembeli yang telah membaca buku tersebut. Salah seorang pembaca, Mahda Berhard Tisari mengatakan bahwa buku karya Yuval Noah Harari ini sangat menarik dan disajikan dengan bahasa yang ringan dan mudah. 

"Minusnya kita, para pembaca, dituntut untuk berpikiran terbuka supaya dapat mencerna kalimat per kalimat yang disampaikan oleh penulis," ungkapnya.

Melansir dari buku Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia, Yuval adalah seorang pria kelahiran Haifa, Israel pada 1976 silam. Ia mendapatkan gelar PhD dari Oxford University pada 2002 dan saat ini menjadi dosen di Jurusan Sejarah, Universitas Ibrani Yerusalem. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya