Apa Makna Midodareni, Prosesi yang Dilewati Kaesang & Erina Sebelum Pernikahan?

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Sumber :
  • Instagram @kaesangp

VIVA Showbiz – Kaesang Pangarep dan sang calon istri, Erina Gudono pada hari Jumat, 9 Desember 2022 telah melangsungkan serangkaian acara prosesi adat sebelum hari pernikahan mereka tiba.

Pamer Foto USG di Depan Ka'bah, Kaesang Umumkan Erina Gudono Hamil

Setelah pada Jumat pagi dilangsungkan prosesi siraman, yang dilakukan di kediaman masing-masing mempelai, pada malam harinya, acara akan dilanjut dengan prosesi Midodareni

Namun, apa sebenarnya prosesi midodareni itu? Berikut penjelasannya. 

Dijagokan Wali Kota Bekasi, Jokowi Ogah Campuri Urusan Kaesang

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :

Midodareni adalah salah satu prosesi yang dilakukan sebelum pernikahan oleh suku Jawa. 

PSI Buka Suara Soal Relawan Daftarkan Kaesang untuk Maju Pilkada Kota Bekasi

Midodareni merupakan rangakaian acara adat yang dilakukan sebelum melaksanakan pernikahan di Jawa khususnya Jawa bagian tengah, termasuk Yogyakarta. Midodareni juga disebut-sebut sebagai malam pengarip-arip atau malam terakhir bagi kedua mempelai menjalani masa lajang. 

Kata midodareni berasal dari bahasa Jawa widodari atau bidadari (dalam bahasa Indonesia). Saat malam midodareni, biasanya mempelai pria dan keluarga akan menyambangi kediaman mempelai perempuan untuk memberikan aneka seserahan. 

Meski begitu, saat malam midodareni sang mempelai pria dilarang untuk bertemu dengan calon istrinya. Ini karena mempelai perempuan sedang dipingit hingga hari pernikahan tiba.

Midodareni juga sebagai salah satu bentuk penghormatan dari kedua mempelai serta keluarga untuk leluhur.

Prosesi siraman Erina Gudono

Photo :
  • Tayangan YouTube

Acara midodareni adalah malam yang cukup panjang untuk kedua calon mempelai. Karena prosesi ini berlangsung dari waktu setelah maghrib hingga jam 12 malam. Pada malam midodareni ini, konon katanya, bidadari akan turun ke bumi dan memberikan wahyu kepada sang pengantin perempuan. 

Turunnya bidadari adalah untuk menyempurnakan kecantikan dan pesona pengantin perempuan di hari pernikahannya. Maka dari itu, sang mempelai wanita dilarang untuk bertemu tamu pria bahkan jika tamu itu adalah calon suaminya sendiri. 

Saat midodareni, ada beragam susunan acara yang dilakukan. Dalam susunan acara ini, diharapkan kedua calon mempelai sama-sama memantapkan hati untuk membina rumah tangga. Diharapkan pula, acara pernikahan esok hari berjalan lancar tanpa halangan apapun.

Diketahui, Akad nikah keduanya akan diadakan esok hari, Sabtu, 9 Desember 2022. Prosesi akad nikah acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan digelar Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya