Emir - Prisia, Raih Piala Citra di FFI 2011

Dedy Mizwar: FFI 2010
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Musik beralun tak asing di telinga. Medley, soundtrack film yang melengkapi beberapa film dimainkan. Alunan musik tersebut membuka malam penghargaan bagi sineas film Indonesia, Festival Film Indonesia 2011.

Mengusung tema 'Perbaikan Membutuhkan Perbaikan', FFI 2011 menyajikan 13 kategori nominasi Piala Vidia dan 16 kategori nominasi Piala Citra.

Aktor senior Mathias Muchus berhasil menyabet penghargaan sebagai pemeran pendukung pria terbaik melalu film Pengejar Angin mendampingi Dewi Irawan sebagai pemeran pendukung wanita terbaik melalui film Sang Penari.

Kalau penghargaan pemeran pendukung terbaik dimenangkan oleh aktor dan aktris senior, berbeda dengan pemeran pria dan wanita terbaik yang justru dimenangkan oleh aktor dan aktris muda berbakat Indonesia.

Akting memukau aktor muda Emir Mahira dalam Rumah Tanpa Jendela mampu membuat juri memutuskan dirinya berhak mendapatkan penghargaan sebagai aktor terbaik. Sama halnya dengan Prisia Nasution sebagai pemeran wanita terbaik. Lenggak-lenggoknya sebagai nyai ronggeng di film Sang Penari mampu membius dewan juri FFI 2011.

Sutradara muda Ifa Isfansyah melalui Sang Penari pun menyabet penghargaan sebagai sutradra terbaik.

"10 tahun yang lalu saya mulai dengan film pendek, 5 tahun yang lalu saya mendapatkan penghargaan untuk film pendek tapi tidak diberikan kesempatan bicara, jadi berikan saya waktu untuk berbicara," ujar Ifa, menyatakan kekecewaannya atas diskriminasi terhadap film pendek yang hanya dibacakan secara off air.

Sukses Digelar, Turnamen PBSI Sumedang Open 2024 Diharap Lahirkan Atlet Terbaik

Melengkapi kemenangannya di beberapa kategori, Sang Penari berhasil menyabet penghargaan di kategori film terbaik. Film yang diperankan oleh Prisia Nasution, Oka Antara dan disutradarai oleh Ifa Isfansyah ini berhasil mengalahkan nominator kuat lainnya seperti "?", Masih Bukan Cinta Biasa, Tendangan Dari Langit, dan The Mirror Never Lies. (eh)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Gelar Rakornas Pilkada, PAN Harap Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024