Semakin Banyak Film Betawi, Ini Pesan Budayawan Ridwan Saidi

Arak-arakan Benyamin Biang Kerok di CFD
Sumber :
  • diza/VIVA

VIVA – Beberapa film yang mengangkat budaya daerah kini ramai mengisi bioskop-bioskop Tanah Air. Salah satunya Benyamin Biang Kerok, yang mengangkat tokoh Betawi, dan tengah diputar di bioskop seluruh Indonesia.

Benyamin Biang Kerok 2, Menuntaskan Misi Mencari Harta Karun

Maraknya film yang mengambil latar budaya Betawi menarik perhatian budayawan Betawi Ridwan Saidi. Ia menilai banyaknya film yang bertemakan Betawi menandakan film Betawi masih memiliki nilai jual yang tinggi.

Seperti film Benyamin yang menurut Ridwan menunjukkan bahwa masih ada masyarakat yang merindukan sosok babe dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu. 

Penulis Seret Pihak Lain dalam Kasus Hak Cipta Benyamin Biang Kerok

"Kalau pasar masih respons biarin aja," ujar Ridwan kepada VIVA di Jakarta, Minggu 11 Maret 2018.

Ridwan Saidi

Penulis Benyamin Biang Kerok Belum Menyerah

Meski filmnya semakin laris dan masih bernilai jual, tapi Ridwan mengingatkan agar para pembuat film tetap mempertahankan nilai budaya dan sejarah Betawi itu sendiri.

"Tidak apa-apa diangkat asal dari segi kebudayaan, dan sejarahnya dapat dipertanggungjawabkan di waktu lama," ujar Ridwan.

Ridwan tidak terlalu mempermasalahkan cerita dari film yang tengah beredar saat ini. Namun, pesannya sejarah dari Betawi yang diangkat bisa dipertanggungjawabkan nantinya.

Mantan anggota DPR ini juga tidak segan untuk menonton film-film Betawi yang kini banyak bermunculan ini. Apalagi banyak sineas film yang memang meminta penilaian dirinya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya