Film Bohemian Rhapsody Nyaris Batal Diproduksi

Film Bohemian Rhapsody yang mengantarkan Rame Malik sebagai Aktor Terbaik di Academy Awards 2019
Sumber :
  • 20th Century Fox

VIVA – Film biopic band Queen, Bohemian Rhapsody, akhirnya tayang untuk kali pertama di Inggris pada 23 Oktober 2018. Sebelum rilis, film ini harus melewati berbagai  hambatan dan bahkan memakan waktu sekitar 10 tahun sebelum akhirnya diputar di layar lebar.

Ahmad Dhani Pengin Filmkan Kisahnya, Ala-ala Bohemian Rhapsody

Ide membuat film biopic tentang band Queen diawali oleh gagasan dari sang gitaris Brian May dan penabuh drum Roger Taylor. Seperti dilansir laman Independent, keduanya bertemu dengan penulis skenario Peter Morgan. Peter diketahui pernah membuat skenario untuk The Queen, Frost/Nixon, Rush, dan The Damned United.

Saat membuat naskah film, Peter lebih menyoroti masa-masa kelam band Queen. Ia pun sempat khawatir, Brian dan Roger tidak menyukainya. "Saya menulis masa-masa paling menyakitkan dalam sejarah yang pernah dialami band (Queen)," ucapnya saat diwawancara oleh Cinemabland tahun 2009 lalu.

5 Momen Tak Terlupakan di Oscar 2019

Peter juga berencana mengangkat aksi panggung legendaris Queen di Wembley Stadium pada 1985 ketimbang fokus pada kehidupan pribadi sang vokalis, Freddie Mercury. 

Mulanya, syuting film dikabarkan mulai awal 2011. Namun sayangnya tidak ada kejelasan apapun tentang syuting tersebut. Hingga pada Maret 2012, nama Tom Hooper disebut-sebut bakal menjadi sutradara.

Pidato Kemenangan Rami Malek, Aktor Terbaik Oscar 2019

Munculnya nama Tom tak mengherankan. Sebab, Tom pernah bekerjasama dengan Peter dalam film The Damned United. Di tahun yang sama Brian mengabarkan bahwa aktor Sacha Baron Cohen akan berperan sebagai Freddie dan film tersebut akan rilis pada awal 2014.

Namun, film tentang Queen ini lagi-lagi harus menghadapi kendala. Cohen memutuskan keluar dari film dengan alasan perbedaan kreativitas. Keputusan Cohen mundur dari produksi film membuat Peter putus asa. Ia bahkan menyebut proyek film ini kemungkinan tidak akan terwujud.

Tak ada perkembangan berarti hingga pada November 2015, Anthony McCarten ditunjuk untuk merevisi skenario. Anthony dikenal sukses membuat naskah film biopic Stephen Hawking, The Theory of Everything.

Angin segar muncul saat sutradara X-Men Bryan Singer dan aktor Rami Malek bergabung dalam proyek film tentang Queen ini pada November 2016. Kemudian pada Agustus 2017, seluruh pemain sudah terisi.

Ben Hardy didapuk memerankan Roger Taylor, Gwilym Lee sebagai Brian May, dan John Deacon diperankan oleh Joseph Mazzello. Syuting pun dimulai pada September 2017.

Produksi film kembali goyah. 20th Century Fox memutuskan untuk menunda sementara proses produksi karena ada permasalahan dengan sutradara Bryan Singer. Tak lama, kabar  Bryan keluar dari proyek film terkonfirmasi.

Syuting film akhirnya diselesaikan oleh Dexter Fletcher. Ia melakukan syuting dan post-produksi selama kurang lebih dua pekan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya