Logo BBC

Kisah Tentang Wanita Pembuat Pembalut di India Menangi Oscar 2019

- BBC
- BBC
Sumber :
  • bbc

Sebuah film tentang remaja perempuan di India yang membuat pembalut menstruasi baru saja memenangi piala Oscar untuk film dokumenter pendek terbaik. Wartawan BBC Geet Pandey bertemu langsung dengan para perempuan di desa itu sebelum ajang penghargaan itu berlangsung.

Sneh berusia 15 tahun ketika dia mulai menstruasi. Kali pertama dia datang bulan, dia sama sekali tak memahami apa yang terjadi dengannya.

"Saya sangat takut. Saya pikir saya mengidap sakit yang serius dan mulai menangis," ujarnya kepada saya ketika saya menyambangi rumahnya di desa Kathikhera, tak jauh dari ibu kota Delhi awal pekan ini.

"Saya tidak memiliki keberanian untuk memberitahu ibu saya, lalu saya mengungkapkan isi hati saya bibi saya. Dia berkata: `Kamu perempuan dewasa sekarang, jangan menangis, hal ini normal.` Dia yang kemudian memberitahu ibu saya."

Sneh yang kini berusia 22 tahun, sudah beranjak jauh dari titik itu. Dia bekerja di sebuah pabrik kecil di desanya yang membuat pembalut dan menjadi tokoh protagonis dalam film Period. Sebuah film dokumenter yang menjadi pemenang film dokumenter terbaik tahun ini dalam ajang Oscar.

Dia pun menghadiri upacara penghargaan di Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (24/02) waktu setempat.

Film ini muncul setelah sebuah kelompok mahasiswa di Hollywood Utara memanfaatkan penggalangan dana atau crowdfunding untuk mengirim mesin pembuat pembalut - dan menerbangkan sutradara film campuran Iran-Amerika, Rayka Zehtabchi ke desa Kathikhera.

Berjarak 115km dari Delhi, desa yang terletak di distrik Hapur adalah dunia yang jauh dari mal mewah dan gedung-gedung tinggi di ibukota India. Biasanya, desa ini bisa ditempuh selama dua setengah jam perjalanan dari Delhi, namun pekerjaan konstruksi di jalan raya memperlambat perjalanan itu, membuat waktu tempuhnya menjadi empat jam.