The Woven Path: Perempuan Tana Humba, Film Dokumenter Wajib Ditonton

Perempuan Tana Humba
Sumber :
  • instagram Perempuan Tana Humba

VIVA – The Woven Path: Perempuan Tana Humba adalah dua film pendek terbaru produksi Tanahkhir Films yang disutradarai oleh Lasja F. Susatyo dan diproduseri Mandy Marahimin.

Melepas Rindu Nonton Konser Musik Lewat Film Dokumenter

The Woman Path yang berdurasi selama 10 menit merupakan film dokumenter tentang dua puisi bertema ibu yang ditulis dua penulis berbeda. Sementara itu, Perempuan Tana Humba berdurasi 30 menit berkisah tentang tradisi dan budaya Sumba dan dampaknya kepada perempuan.

Film Perempuan Tana Humba bercerita tentang tiga babak, yaitu Marapu, Belis, dan Perkawinan. Lasja F. Susatyo mengatakan bahwa film ini mengangkat tema perempuan dalam tradisi Sumba.

Film Dokumenter Terbaik FFI 2020, You and I Siap Disaksikan

“Saya ingin mengangkat tema perempuan dalam adat tradisi di Sumba (timur) hari ini, terutama kaitannya dengan belis (mahar) dan perkawinan yang kerap masih sangat memberatkan. Perubahan dan perbaikan tak terelakkan, seiring dengan kemajuan zaman,” kata Lasja F. Susatyo di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Mei 2019.

Mandy Marahimin mengatakan, alasan dirinya mau menggarap film ini sebagai produser. Rasa cinta kepada tanah Sumba dan segala yang ada di dalamnya membuatnya mau menggarap film ini.

Film Imam Bukhari Ada Adegan Bung Karno, Uzbekistan Minta Info ke PDIP

“Saya selalu cinta dengan Tana Humba. Alamnya, tenunnya, masyarakatnya, dan budayanya. Jadi ketika Lasja mengajukan ide film ini, saya langsung menyetujuinya,” tutur Mandy. Film ini akan diputar di sekolah-sekolah yang ada Pulau Sumba, Kepulauan Nusa Tenggara Timur.

Sineas Aceh

Film Dokumenter dari Aceh Terpilih Sebagai yang Terbaik di FFI 2021

Film dokumenter dari Aceh dengan judul Three Faces In The Land Of Sharia terpilih sebagai film dokumenter pendek terbaik.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2021