Main di Film Mangkujiwo, Asmara Abigail Ungkap Asal-usul Kuntilanak

Asmara Abigail.
Sumber :
  • reporter

VIVA – Film dengan genre horor, Mangkujiwo akan menhiasi layar lebar Tanah Air pada 30 Januari 2020. Film ini bercerita tentang Mangkujiwo yang merupakan asal muasal dari kuntilanak, Asmara Abigail lah yang berperan sebagai Kanthi yang menjadi kuntilanak dalam film ini.

Ngeri, Film Siksa Kubur Syuting di Goa Peninggalan Belanda Puluhan Tahun Tak Terpakai

Selama melakukan pendalaman karakter, Abigail menganggap jika sosok hantu kuntilanak bisa menjadi lambang dari feminisme, di mana jika dilihat dari masa lalunya, ia hanya sebagai korban.

"Menurut aku kuntilanak kan bisa jadi lambang feminisme di indonesia juga, karena menurut aku di-judge oleh masyarakat walaupun kalau kita tahu ceritanya, dia sebenarnya sebagai korban," ujar Abigail di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 24 Januari 2020.

Siksa Kubur, Jadi Comeback Reza Rahadian Main Film Horor Setelah 16 Tahun

Abigail merasa kuntilanak menjadi ikon yang sangat menyeramkan di Indonesia. Padahal tidak pernah ada yang tau bagaimana cerita kuntilanak sebelum akhirnya menjadi sosok hantu yang ikonik di Indonesia.

"Kayak kuntilanak itu enggak pernah diberikan ruang untuk bersuara menceritakan apa sih yang membuat dia menjadi kuntilanak. Apa sih yang membuat dia sampai menjadi ikon yang sangat seram dan ditakuti oleh orang-orang indonesia," katanya.

Dibintangi Marthino Lio, Film Horor 'Dosa Musyrik' Hadirkan Unsur Drama Religi Mendalam

Model 27 tahun ini melihat jika kuntilanak hanya menjadi kambing hitam, sehingga tidak ada yang pernah tahu bagaimana cerita dari sisi kuntilanak itu sendiri.

"Maksud aku, kita mesti punya ruang untuk menceritakan cerita dari sisi kuntilanak. Karena menurut aku dari dulu sampai sekarang, dia kerjaannya cuma menjadi kambing hitam gitu," pungkasnya.

Diketahui film Mangkujiwo adalah kisah asal muasal sosok Kuntilanak yang merupakan akibat Iangsung dari perseteruan antara dua tokoh, Brotoseno dan Cokrokusumo dalam memperebutkan pengaruh dan kekuasaan atas Loji Pusaka. 

Perebutan Loji Pusaka membuat Brotoseno yang diperankan oleh Sudjiwo Tedjo harus melepas jabatannya karena difitnah oleh Cokrokusumo diperankan Roy Marten. Brotoseno merencanakan balas dendam meIaIui bayi yang di kandung oleh Kanthi diperankan Asmara Abigail hasil hubungan gelap dengan Cokrokusumo. Kanthi harus menjalani pasung karena fitnah sebagai perempuan yang mengandung anak setan. 

Film Mangkujiwo sendiri dibintangi oleh Asmara Abigail, Sujiwo Tejo, Roy Marten, Yasamin Jasem, Karina Suwandi, Djenar Maesa Ayu, Septian Dwi Cahyo dan Samuel Rizal. Film ini akan tayang di biskop mulai tanggal 30 Januari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya