Terbukti Salah, Harvey Weinstein Dijatuhi 23 Tahun Penjara

Harvey Weinstein.
Sumber :
  • Instagram @nextuphotchocolate

VIVA – Produser Hollywood kenamaan, Harvey Weinstein dijatuhi hukuman 23 tahun penjara atas kejahatan seksual yang dilakukannya terhadap perempuan. Harvey Weinstein, akan ditempatkan di sebuah penjara Negara Bagian New York pada hari Rabu waktu setempat.  

Predator Seks Harvey Weinstein Bantah 11 Tuduhan Pemerkosaan

Hakim James A. Burke, yang memimpin persidangan di Mahkamah Agung Negara Bagian Manhattan, awalnya memvonis Weinstein, lima tahun penjara. Namun selama persidangan Weinstein membantah semua pernyataan para jaksa sehingga dirinya dijatuhi hukuman lebih lama. 

Sebelum pembacaan keputusan hukuman, dua korban Weinstein sempat memberikan pernyataan emosional tentang dampak  yang dia lakukan pada para korban.  Miriam Haley, yang memberi kesaksian bahwa produser itu memaksakannya untuk melakukan seks oral pada tahun 2006. Sontak saja hal itu mengahancurkan hidupnya. 

Mengejutkan, Angelina Jolie Marah Besar sama Brad Pitt Gara-gara Ini

"Dia melanggar kepercayaan saya dan tubuh saya dan hak pribadi saya untuk menolak," katanya seperti dikutip dari laman Nypost.

Sementara itu, Weinstein selaku terdakwa dalam persidangan itu mengungkapkan bahwa dia berpikir hubungannya dengan para korban atas dasar suka sama suka dan dia "benar-benar bingung" dengan apa yang terjadi padanya.

Sakit Parah di Penjara, Harvey Weinstein Diduga Kena COVID-19

"Kita mungkin memiliki kebenaran yang berbeda, tetapi saya memiliki penyesalan untuk kalian semua dan untuk semua orang yang mengalami krisis ini," katanya.

Dia menambahkan: “Saya benar-benar merasa menyesal atas situasi ini.  Saya merasakannya sangat dalam di hati saya.  Saya benar-benar berusaha, saya benar-benar berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik," kata dia. 

Meski begitu, Jaksa menjatuhi hukuman  Weinstein 20 tahun penjara terkait serangan kejahatan pada Haley dan tiga tahun penjara tambahan untuk kasus pemerkosaan Jessica Mann, di sebuah hotel di Manhattan pada 2013.

Sebelumnya pada 25 Februari lalu, 13 hakim yang terdiri dari 7 pria dan 5 wanita di Manhattan mendakwa Mr Weinstein bersalah. 
Namun, setelah lima hari berunding, jaksa membebaskan Weinstein dari dakwaan paling serius terhadapnya: dua dakwaan penyerangan seksual, yang menuntut jaksa penuntut untuk membuktikan bahwa ia telah melakukan penyerangan seksual serius terhadap setidaknya dua wanita.

Tuduhan itu, sebagaimana disebut oleh jaksa penuntut, mengharuskan hakim menemukan Weinstein telah memperkosa aktris Annabella Sciorra pada awal 1990-an di apartemennya di Taman Gramercy Park.  Tetapi beberapa anggota hakim meragukan hal tersebut.

Hakim juga memastikan bahwa Weinstein tidak bersalah atas pemerkosaan tingkat pertama dalam serangan 2013 terhadap Mann.  Tuduhan itu menuntut negara untuk membuktikan penggunaan kekuatan atau ancaman selama serangan.  

Hakim malah memilih untuk menghukumnya atas pemerkosaan tingkat tiga, yang mengharuskan jaksa untuk membuktikan hanya bahwa dia tidak menyetujuinya.

Dengan alasan hukuman yang panjang, jaksa menunjuk daftar panjang tuduhan dari wanita yang mengatakan Weinstein telah melakukan kekerasan seksual terhadap mereka selama empat dekade. Tuduhan paling awal, jaksa mencatat, berasal dari seorang wanita yang mengatakan dia memperkosanya dalam perjalanan bisnis pada tahun 1978.

Joan Illuzzi, ketua jaksa penuntut umum, mengatakan litani serangan yang dirinci dalam memorandum hukuman "menunjukkan pelecehan seumur hidup terhadap orang lain, seksual dan sebaliknya" dan "tidak ada penyesalan total atas kerusakan yang disebabkannya."

Tetapi pengacara produser itu mengatakan tidak ada satupun dari tuduhan itu yang terbukti.  Mereka menunjuk pada pekerjaan Weinstein yang mengumpulkan uang atas nama badan amal dan kesehatannya yang menurun dengan cepat ketika mereka meminta keringanan hukuman.

 
"Dia kehilangan segalanya," tulis pengacaranya dalam surat kepada hakim, menunjuk perceraiannya dan hilangnya perusahaannya.  

Laporan tentang pelanggaran seksual Weinstein telah beredar di Hollywood selama beberapa dekade, bahkan ketika produser ini memenangkan pujian kritis karena membentuk kembali industri film independen dengan memenangkan ajang Oscar seperti "Shakespeare in Love" dan "Pulp Fiction."

Namun pada akhir 2017, beberapa korbannya angkat bicara dan menjelaskan semuanya kemudian diterbitkan oleh The New York Times dan The New Yorker.  Sejak itu, lebih dari 90 wanita menuduh Weinstein melakukan pelanggaran, termasuk pelecehan, sentuhan yang tidak pantas dan kekerasan seksual.

Dokumen pengadilan yang belum disegel baru-baru ini menunjukkan bahwa, pada  minggu-minggu setelah artikel-artikel itu diterbitkan, Weinstein dan timnya bergegas untuk memberikan tanggapan.

Produser itu mati-matian mencari dukungan dari teman-temannya seperti Jeff Bezos, yang mendirikan Amazon, dan Michael Bloomberg, miliarder dan mantan walikota New York City.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya