Harapan Kamila Andini Film Yuni: Mengerti Perempuan

Kamila Andini
Kamila Andini
Sumber :
  • IG @kamilandini

VIVA – Film Yuni akan tayang serentak di bioskop Tanah Air mulai Kamis 9 Desember 2021 mendatang. Film ini berhasil terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang Academy Awards atau Oscar 2022.

Sutradara film Yuni, Kamila Andini, melalui film ini dirinya ingin mengangkat isu perempuan yang tabu dibicarakan di masyarakat. Seperti tuntutan pernikahan hingga hubungan sesama jenis.

"Ini film tentang pembebasan diri. Rasanya saya ingin mengajak itu sih, mari kita bebasin diri kita suara kita pikiran kita pilihan kita juga," kata dia dalam press conference, di Epicentrum Jakarta, Senin 6 Desember 2021.

Film Yuni.

Film Yuni.

Photo :
  • Instagram Kamila Andini

Lebih lanjut, dari film Yuni yang telah diputar di banyak negara, Kamila berharap orang-orang bisa mengerti tentang perempuan melalui karakter utama. Selain itu, karakter Yuni juga memperlihatkan sosok perempuan yang jujur apa adanya.

"Lewat Yuni orang-orang bisa mengerti perempuan terutama lewat kebingungan ya ketakutannya itu yang selalu saya dapatkan. Dan mungkin kalau ada beberapa feedback yang menarik adalah di film ini Yuni, saya memperlihatkan perempuan sebagai perempuan dengan jujurnya apa adanya bukan sesuatu yang memang kemudian heroik sekali ini ternyata sangat bereaksi dengan banyak perempuan," kata dia.

Film ini berkisah tentang Yuni, seorang gadis remaja cerdas dengan impian besar untuk kuliah. Ketika dua pria yang hampir tidak dikenalnya datang melamar, ia menolak lamaran mereka.