Hingga Oktober 2022, Film Indonesia Ditonton Sebanyak 52 Juta Kali

Ilustrasi bioskop/menonton film.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Showbiz – Malam puncak penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2022 digelar. Digelar di Jakarta Convention Center, FFI 2022 tahun ini mengusung tema Perempuan: Citra, Karya dan Karsa. 

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Ketua Komite FFI, Reza Rahardian mengungkap tema yang diangkat dalam acara malam hari ini merupakan bentuk apresiasi pihaknya terhadap kiprah dan peran serta perempuan di perfilm-an Indonesia.

“Tema ini diangkat melambangkan sumber kekuatan kekayaan. Ekstensi sineas perempuan tidak terhenti dan akan terus berjalan sehingga perempuan tetap berprestasi lewat karya mereka,” kata Reza Rahardian saat membuka acara, Selasa 22 November 2022.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Reza Rahadian

Photo :
  • istimewa

Di sisi lain diungkap oleh Reza Rahardian tahun ini menjadi tahun kebangkitan perfilm-an Indonesia pasca pandemi COVID-19 yang melanda sejak 2020 lalu. Dijelaskan oleh Reza Rahardian, 12 film Indonesia berhasil ditonton sebanyak 1 juta penonton

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

“Hingga Oktober 2022 jumlah penonton telah mendekati sebelum pandemi yakni 52 juta dibanding 2019,” kata Reza Rahardian. 

Reza juga berharap film Indonesia juga bisa masuk kancah internasional sehingga bisa menggerakkan perekonomian nasional.

Premiere KKN di Desa Penari.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

“Semoga komitmen ini semakin bersinar di dalam dan luar negeri,” ucap Reza Rahadian.

Berdasarkan beberapa data, 2022 juga memecahkan film Indonesia terlaris sepanjang masa. Rekor tersebut awalnya dipegang Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 dengan raihan sekitar 6,8 juga penonton.

Pada 2022, rekor tersebut dipatahkan oleh KKN di Desa Penari yang meraih 9,2 juta. Selain itu, 2022 juga mencatat rekor film Indonesia terlaris sepanjang masa di urutan ketiga dan kelima, yakni Pengabdi Setan 2: Communion dengan 6,3 juta penonton dan Miracle in Cell No. 7  dengan raihan 5,1 juta penonton.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya