Bintang Film ‘Venom’ Ternyata Pernah jadi Korban Islamophobia

Riz Ahmed
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Persepsi negatif tentang agama Islam ternyata masih beredar luas di tengah masyarakat dunia, khususnya Amerika Serikat. Buntut dari persepsi negatif itu, lalu munculah rasa ketakutan yang berlebih pada Islam atau yang biasa disebut dengan Islamophobia.

Anggota Parlemen Inggris Dinonaktifkan dari Partainya Karena Menjelekkan Islam

Dikutip laman Comic Book, banyak warga muslim yang menjadi korban dari Islamophobia di Amerika Serikat. Bahkan beberapa artis Hollywood yang memeluk agama Islam pun juga mengalami hal yang sama. Aktor yang membintangi film Venom, yaitu Riz Ahmed, menjadi salah satu bintang Hollywood yang mengalami perlakuan kurang menyenangkan tersebut.

Riz Ahmed mengaku pernah dicekal saat ingin hadir di ajang perayaan film Star Wars yang berlangsung di Chicago, bulan April 2019 lalu. Saat itu, ia dilarang terbang ke acara itu oleh organisasi keamanan Amerika Serikat yang bernama Homeland Security.

5 Negara Terang-terangan Ada Gerakan Islamophobia

Riz Ahmed juga mengungkapkan betapa menakutkannya menjadi seorang muslim di Amerika. “Pada dasarnya saya ingin meminta bantuan, karena sangat menakutkan untuk menjadi seorang Muslim sekarang, sangat menakutkan," ungkap Riz Ahmed.

Tak hanya itu, Riz Ahmed juga mengaku kecewa dengan kebijakan dari Presiden Trump soal pembatasan warga muslim atau muslim pendatang di Amerika Serikat. Menurut Riz, hal itu sangat tidak adil.

New York City Schools Provide Learn about Antisemitism, Islamophobia

“Saya sering bertanya-tanya, apakah ini akan menjadi tahun ketika mereka (pemerintah) mengumpulkan kami, apakah ini akan menjadi tahun ketika mereka menerapkan aturan Trump kepada kami semua," katanya.

Alhasil, Riz Ahmed juga memberikan dorongan kepada warga muslim di Amerika Serikat, lewat pengalaman yang ia rasakan, agar mereka bisa lebih percaya diri.

“Kita semua tahu bagaimana mengubah cara kita berbicara, cara kita berpakaian, cara kita berjalan ketika kita memasuki satu kamar atau lainnya. Kita semua tahu cara menavigasi medan yang bukan buatan kita sendiri,” ungkap Riz Ahmed.

Ia pun menambahkan, “Itulah cara saya dapat melakukannya, tetapi bukan itu sebabnya saya melakukan apa yang saya lakukan. Alasannya adalah karena saya tidak ingin harus beralih kode lagi,” kata Riz.

Sementara itu diketahui, Kedatangan Riz Ahmed ke perayaan Star Wars bukan tanpa alasan. Ia memang menjadi bagian dari sekuel fantasi antariksa tersebut setelah keterlibatannya di cerita 'Rogue One' 2016 lalu. Dalam film tersebut, pria berdarah Pakistan ini berperan sebagai pilot pesawat Empire.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya