6 Fakta Abdee Slank, Musik Hingga Politik, Kini Komisaris Telkom

Abdee Slank
Sumber :
  • IG @abdeenegara

VIVA – Lama tak terdengar, Abdi Negara Nurdin atau dikenal dengan Abdee Slank, kini menjabat sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang berlangsung hari ini, Jumat, 28 Mei 2021.

Astra Agro Lestari Sepakati Pembagian Dividen Final Rp 165 Per Saham

Sontak, banyak yang bertanya-tanya akan sosok Abdee Slank yang selama ini lebih dikenal sebagai musisi band bergenre blues rock itu. Apalagi, tampilan Abdee cenderung terlihat santai saat manggung, sehingga cukup mengejutkan para pecinta musik dengan jabatan barunya tersebut.

Namun, siapa sebenarnya Abdee Slank ini? Seperti apa sosoknya? Berikut rangkumannya dikutip dari berbagai sumber.

Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

1. Asal Sulawesi

Photo :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Dikenal sebagai musisi dan anak band, Abdee kecil lahir dan tumbuh besar di Donggala, Sulawesi Tengah. Terlahir pada 28 Juni tahun 1968, Abdee sudah mulai terlihat tertarik terhadap dunia musik yang digelutinya di usia dini. Hal itu pun berlanjut saat Abdee memulai pendidikan musik saat remaja.

2. Pendidikan

Photo :
  • IG @abdeenegara

Beranjak dewasa, Abdee di usia 20 tahun-an, mulai menjalani pendidikan musik di sekolah musik Farabi milik Dwiki Darmawan. Dari sini, kariernya di dunia musik dimulai dengan bergabung bersama sejumlah band. Sebut saja, Flash, Interview, dan Enemest pada posisi gitaris.

3. Masuk Slank

Photo :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

Di tahun 1997, Abdee resmi menggantikan Pay sebagai gitaris di Slank. Band yang berdiri di Gang Potlot itu pun kerap tampil dengan alunan gitar dari jemari Abdee. Tak hanya itu, kariernya di dunia musik semakin meluas yang mencakup sebagai penulis lagu, penyanyi latar, hingga produser. Dengan adanya Abdee, Slank berhasil menelurkan beberapa album, seperti Tujuh (1997), Mata Hati Reformasi (1998), Virus (2001), Anthem For The Broken Hearted (2009), I Slank U (2012), dan Slank Nggak Ada Matinya (2013).

4. Produser

Photo :
  • IG @abdeenegara

Tak berhenti dengan kariernya di industri musik, Abdee menjajal sebagai produser beberapa grup musik lain. Sebut saja, Serious Band, Maleo Musik bersama The Painkillers hingga Marshanda. Kolaborasi pun juga ia jalani dengan sejumlah musisi ternama seperti Agnez Mo, Sherina Munaf, dan The Brandals.

5. Politik

Photo :
  • al amin/VIVALIFE

Di luar kelihaiannya di dunia musik, Abdee turut berkecimpung dalam urusan politik pada tahun 2014 lalu. Gitaris 52 tahun itu menjadi relawan Joko Widodo, yang bahkan diisukan bakal memegang jabatan strategis kelak.

6. Cuti dari dunia hiburan

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Kondisi Abdee mulai menurun di tahun 2010 saat didagnosis sakit gagal ginjal stadium akhir. Hingga akhirnya, ia harus rutin menjalani cuci darah setiap dua kali sepekan. Hal ini yang membuatnya cuti dari Slank dan proyek musik lain. Abdee menepis bahwa cuti yang dilakukannya lantaran ingin hengkang dari Slank, melainkan hanya ingin beristirahat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya