Profil Ayu Kartika Dewi, Stafsus Jokowi Berhijab Menikah di Gereja

Ayu Kartika Dewi.
Sumber :
  • Instagram @ayukartikadewi.

VIVA – Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ayu Kartika Dewi, tengah menjadi sorotan. Hal itu karena pernikahannya dengan Gerald Sebastian, yang dilangsungkan pada Jumat 18 Maret 2022 kemarin, mengundang banyak perhatian. 

Program Petani Milenial Kaltim Diluncurkan untuk Ketahanan Pangan IKN

Diketahui, Ayu Kartika Dewi yang beragama Muslim menjalani pernikahan beda agama. Ayu dan Gerald menggelar pernikahan dengan prosesi dua agama yang berbeda, yaitu akad nikah secara Islam dan pemberkatan di Gereja Katolik.

Lalu, siapa sosok Ayu Kartika Dewi? Berikut profil salah satu staf khusus Jokowi itu, dikutip VIVA dari berbagai sumber. 

Ini Sosok Indira Ratnasari, Diduga Tim Stafsus Kepresidenan yang Gelar Pernikahan Anjing Viral

Staf Khusus Presiden Bidang Sosial
Ayu Kartika Dewi lahir di Banjarmasin, 27 April 1983. Ayu merupakan Staf Khusus Presiden Bidang Sosial. Tidak hanya itu, dia juga menjadi perumus Gerakan Sabang Merauke. 

Pernikahan staf khusus Presiden, Ayu Kartika Dewi dengan Gerald Sebastian

Photo :
  • Tanggapan layar video YouTube
Terkuak, Pesta Pernikahan Anjing dengan Adat Jawa Digelar oleh Stafsus Presiden

Ayu Kartika Dewi dikenalkan oleh Presiden Jokowi sebagai Staf Khusus Presiden pada 21 November 2019. Selama bertugas, Ayu kerap bicara soal toleransi. 

Pendidikan
Ayu Kartika Dewi merupakan lulusan Universitas Airlangga, Surabaya. Di sana, dia mengambil jurusan Manajemen Pemasaran. Ayu, juga merupakan lulusan Duke University di Amerika Serikat. 

Karier
Ayu pernah bekerja di P&G (Procter and Gamble) selama 5 tahun di Jakarta dan Singapura. Selain itu, dia juga aktif dalam Gerakan Indonesia Mengajar. Ayu pernah ditugaskan mengajar di sebuah SD di lereng gunung Maluku Utara yang terkena dampak kerusuhan Ambon-Poso pada 1999. 

Prestasi
Sejumlah prestasi pernah diraih Ayu Kartika Dewi. Di antaranya, menjadi salah satu mahasiswa berprestasi se-Universitas Airlangga pada 2003, peringkat pertama mahasiswa berprestasi Fakultas Ekonomi Unair, dua tahun berturut-turut. 

Pernikahan staf khusus Presiden, Ayu Kartika Dewi dengan Gerald Sebastian

Photo :
  • Tanggapan layar video YouTube

Ayu juga pernah didapuk sebagai presenter terbaik Student Grant seluruh Indonesia dan meraih Student Grant dari Asian Development Bank. Sementara di Universitas Duke, Amerika Serikat, Ayu Kartika Dewi, berhasil mendapatkan gelar MBA. 

Pernah menjadi Staf Khusus Ahok
Pada periode 2015-2017, Ayu Kartika Dewi ditunjuk sebagai Staf Khusus Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Kemudian, pada 2019, Ayu Kartika Dewi, baru diangkat menjadi Staf Khusus Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya