Kreator Ninja Hattori, Fujiko A Fujio Meninggal Dunia

Fujiko A Fujio
Sumber :
  • Animenewsnetwork

VIVA – Kreator manga Fujiko A Fujio meninggal dunia pada hari ini, Kamis, 7 April 2022. Fujiko meninggal dunia di rumahnya yang berada di daerah Kawasaki, Jepang.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Semasa hidup, Fujiko dikenal sebagai kreator dengan karya di antaranya Ninja Hattori, Doraemon, serta karya populer lainnya. Fujiko A Fujio meninggal dunia di usia 88 tahun.

Dilansir dari The Japan News, Fujiko lahir di Prefektur Toyama, dengan aslinya adalah Motoo Abiko. Ia memang bercita-cita ingin menjadi seorang kreator manga (mangaka). Kemudian, ia bekerja sama dengan teman masa kecilnya, Hiroshi Fujimoto, mereka membuat debut profesional pada tahun 1951.

Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Setelah bekerja di sebuah surat kabar lokal, Abiko datang ke Tokyo dan mulai tinggal di Tokiwaso, sebuah rumah apartemen tempat banyak mangaka muda berkumpul. Pada tahun 1964, ia dan Fujimoto memulai serialisasi "Obake no Q-Taro" di majalah manga Shonen Sunday dengan nama pena bersama Fujiko Fujio.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Manga itu kemudian menjadi hit besar karena menggabungkan humor dan fantasi dan membuatnya sangat populer.

Fujimoto berfokus pada manga untuk anak-anak, Abiko mengambil karya yang lebih luas, dari manga anak-anak hingga karya dengan sentuhan horor atau untuk pembaca dewasa. 

Keduanya memutuskan berpisah pada akhir 1980-an, dan Abiko membuat awal baru dengan nama Fujiko Fujio A. Pada 2005, ia menerima penghargaan untuk karyanya dari Japan Cartoonists Association’s Education, Culture, Sports, Science and Technology Minister.

Motoo Abiko juga menulis sejumlah seri manga yang sukses, termasuk Ninja Hattori-kun, Kaibutsu-kun, Pro Golfer Saru, dan Warau Salesman. Ninja Hattori-kun menginspirasi sebuah anime televisi yang tayang dari 1981 hingga 1987, tiga film anime dari 1982 hingga 1984, dan sebuah film live-action pada 2004.

Kaibutsu-kun mengilhami dua anime televisi yang berlangsung dari 1968 hingga 1969 dan 1980 hingga 1982, masing-masing, serta dua film anime pada tahun 1981 dan 1982. Pegolf Pro Saru mengilhami anime TV khusus tahun 1982, anime televisi yang berlangsung dari tahun 1985 hingga 1988, dan dua film anime pada tahun 1986 dan 1987. 

Warau Salesman mengilhami anime televisi yang ditayangkan dari 1989 hingga 1992, serta The Laughing Salesman NEW, sebuah anime televisi 2017 yang mewakili adaptasi terbaru dari karya individunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya