6 Bintang Hollywood Ini Pernah Dicekal Oleh Beberapa Negara

Brad Pitt
Brad Pitt
Sumber :
  • Instagram/onceinhollywood

VIVA Showbiz – Para bintang Hollywood biasanya melakukan perjalanan ke berbagai negara untuk melaksanakan kepentingan tertentu. Entah itu promosi film atau karya terbaru atau mungkin hanya sekadar menikmati liburan. Menjadi sosok yang terkenal sampai ke penjuru dunia, mereka biasanya akan mendapat perlakuan khusus saat datang mengunjungi sebuah negara. 

Tapi, tidak semua bintang Hollywood itu mendapat perlakuan khusus, baik oleh masyarakat maupun pemerintah negara tertentu. Sebab, beberapa bintang kenamaan Amerika Serikat itu malah tidak boleh mendatangi negara atau dicekal. Alasannya berbagai macam, seperti peran mereka yang menyinggung atau sikap mereka yang tidak sesuai dengan budaya negara tujuan.

Untuk itu, simak ulasan berikut ini mengenai artis bintang Hollywood yang dicekal oleh negara tertentu seperti dikutip VIVA dari berbagai sumber. 

1. Brad Pitt - Tiongkok

Brad Pitt.

Brad Pitt.

Photo :
  • Micky.

Sosok Brad Pitt tentu saja sudah dikenal luas di industri film dunia. Tapi, bintang Hollywood yang merupakan mantan suami Angelina Jolie itu tetap mengalami pencekalan di Tiongkok. Hal ini terjadi saat Pitt membintangi film Seven Years in Tibet yang mengambil latar konflik Tiongkok-Tibet. Hal ini tentu saja menjadi sebuah masalah. 

Sebab, sosok Dalai Lama yang menjadi tokoh penting di Tibet digambarkan dengan cara yang positif. Sementara pemerintah Tiongkok justru digambarkan dengan sosok yang jahat dalam film itu. Pemerintah Tiongkok yang sampai saat ini masih berseteru dengan Tibet ini akhirnya melarang film tersebut dan mencekal Brad Pitt serta sutradaranya. 

2. Alec Baldwin – Filipina

Alec Baldwin.

Alec Baldwin.

Photo :
  • Instagram Alec Baldwin

Alec Baldwin adalah seorang aktor sekaligus komedian yang cukup dikenal di Hollywood. Tapi, candaan dari bintang Hollywood yang satu ini dalam sebuah acara bertajuk Late Night With David Letterman pernah mengundang amarah dari masyarakat dan juga pemerintah Filipina. 

Karena, dalam acara tersebut Baldwin sempat menyinggung permasalahan perdagangan seks yang ada di Filipina. Pihak pemerintah Filipina juga pernah membuat pernyataan yang mengatakan bahwa Baldwin adalah alien jahat. Baldwin sampai saat ini masih dicekal untuk masuk ke negara tersebut walaupun sudah melayangkan permintaan maaf. 

3. Harrison Ford - Tiongkok

Harrison Ford dalam film Indiana Jones

Harrison Ford dalam film Indiana Jones

Photo :
  • indianajones.com

Selain dikenal menjadi pemeran Han Solo dalam waralaba Star Wars, Harrison Ford juga sering aktif menyuarakan soal hak asasi manusia. Salah satu hak yang diperjuangkan sampai saat ini adalah soal kemerdekaan wilayah Tibet dari genggaman Tiongkok. 

Hal ini tentu saja membuat Ford dianggap sebagai salah seorang musuh oleh pemerintah Tiongkok yang pada akhirnya berakibat pada pencekalan dirinya. Terlebih, Ford juga pernah bertemu dengan Dalai Lama yang dianggap sebagai musuh politik Tiongkok. 

4. Lady Gaga - Indonesia

Lady Gaga di karpet merah Oscar 2019

Lady Gaga di karpet merah Oscar 2019

Photo :
  • Instagram

Indonesia juga menjadi salah satu negara yang melakukan pencekalan terhadap bintang Hollywood. Hal ini dialami oleh seorang aktris sekaligus penyanyi kenamaan yang pernah membintangi A Star Is Born, Lady Gaga. Ketika ingin menggelar konsernya yang bertajuk Fame Monster di Jakarta tahun 2012 silam, ada sebuah ormas yang mencekal kedatangan Lady Gaga. 

Mereka menganggap bahwa Lady Gaga mempunyai gaya yang sangat vulgar dan menjadi contoh yang buruk untuk anak-anak serta tidak sesuai dengan ajaran agama. Bahkan, mereka juga takut jika Lady Gaga akan menyebarkan paham satanisme ketika menggelar konser di Jakarta. 

5. Miley Cyrus – Tiongkok

Miley Cyrus

Miley Cyrus

Photo :

Bintang Hollywood yang merupakan jebolan Disney ini juga mengalami pencekalan di Negeri Tirai Bambu lantaran tingkah konyolnya. Dalam sebuah foto yang tersebar tahun 2009 silam, Cyrus tampak menyipitkan matanya dengan sengaja seolah mengejek etnis Tionghoa. Yang Jiechi yang ketika itu menjadi Menteri Luar Negeri Tiongkok mengeluarkan pernyataan bahwa sikap Cyrus sangat menyinggung dan akhirnya mencekal aktris tersebut. 

6. Sacha Baron Cohen - Kazakhstan

Sacha Baron Cohen

Sacha Baron Cohen

Photo :
  • Daily Mail

Sacha Baron Cohen dikenal sebagai bintang Hollywood yang sering bertingkah konyol, baik dalam film maupun dunia nyata. Tahun 2006 silam, aktor yang satu ini pun mengalami pencekalan oleh pemerintah Kazakhstan setelah membintangi film Borat. Sebab, ia yang berperan sebagai jurnalis asal Kazakhstan bernama Borat datang ke AS untuk dokumenter. 

Hal yang menjadi masalah dalam film tersebut ada pada sifat Borat yang digambarkan antisemitisme dan sexist. Lebih parah lagi, sikap buruknya itu dianggap sebagai sebuah hal yang wajar di Kazakhstan. Karena itu, tidak heran bila Cohen akhirnya dicekal oleh negara tersebut.