Shakira Bantah Tuduhan Tak Bayar Pajak ke Pemerintah Spanyol

Shakira.
Sumber :
  • Instagram @shakira

VIVA Showbiz – Shakira membantah tuduhan penipuan pajak yang dibuat terhadapnya dan mengatakan tuduhan itu salah. Penyanyi 45 tahun itu dituduh melakukan penipuan dan terancam delapan tahun penjara setelah diduga melakukan enam kasus penipuan pajak berbeda dengan total 12,2 juta poundsterling.

Masuk Jadi 7 Kontributor Pajak Terbesar, BUMI Raih Penghargaan Kemenkeu

Shakiran memutuskan untuk melawan tuduhan itu dan menegaskan bahwa dia tidak menghabiskan lebih dari 183 hari di negara yang membuat pemerintah Spanyol menganggapnya sebagai penduduk resmi.

"Aku harus melawan untuk apa yang aku yakini, karena ini tuduhan salah. Pertama, aku tidak menghabiskan 183 hari per tahun saat itu sama sekali," jelasnya mengutip laman Aceshowbiz.

Melek Pajak Ditegaskan Dapat Optimalkan Pengelolaan Keuangan

Shakira, penyanyi asal Kolombia

Photo :
  • instagram @shakira

"Aku sibuk memenuhi komitmen profesionalku di seluruh dunia. Kedua, aku sudah membayar apa yang mereka klaim aku berutang, bahkan sebelum mereka mengajukan tuntutan hukum. Jadi hingga hari ini, aku berutang nol pada mereka. Dan akhirnya, aku disarankan oleh salah satu dari empat firma spesialis pajak terbesar di dunia, jadi aku percaya diri bahwa aku melakukan hal dengan benar dan transparan dari hari pertama," tambahnya.

Begini Alur Pengenaan Pajak Barang Bawaan Penumpang dari Luar Negeri

Pelantun Objection itu, yang juga menghadapi tuntutan senila 19,2 juta poundsterling, lebih lanjut menjelaskan bahwa klaim yang dibuat pemerintah Spanyol sebagai hal fiktif dan mengklaim bahwa pihak berwenang sering melakukan ini pada selebriti begitu juga pembayar pajak reguler.

"Akan tetapi, meski tanpa bukti untuk mendukung klaim fiktif ini, seperti yang biasa mereka lakukan, mereka menggunakan kampanye pers yang terlalu bernafsu untuk mencoba menggoyahkan orang, dan memberikan tekanan di media bersama dengan ancaman kerusakan reputasi untuk memaksa perjanjian penyelesaian," kata Shakira kepala ELLE.

Mantan kekasih Gerard Pique itu juga mengatakan bahwa pihak berwenang pajak Spanyol dikenal sering melakukan ini tidak hanya pada selebriti seperti dia, pemain sepakbola seperti Cristiano Ronaldo, Neymar, Alonso dan banyak lagi. Bahkan, pembayar pajak biasa juga mengalaminya.

"Itu hanya gaya mereka. Tapi aku percaya diri bahwa aku punya cukup bukti untuk mendukung kasusku dan keadilan akan menang di pihakku," katanya.

Pemilik nama asli Shakira Isabel Mebarak Ripoll ini dituduh berpura-pura tinggal di luar negeri untuk menghindari membayar pajak meski pindah ke Barcelona pada 2011 untuk bersama mantan kekasihnya, pesepakbola Spanyol Gerard Pique.

Shakira dan Gerard Pique berpose untuk kampanye UNICEF

Photo :
  • Daily Mail

Inspektor pajak mengatakan sudah menghabiskan lebih dari setahun untuk memeriksa penyanyi itu dan bahkan mengunjungi penata rambut langganannya di barcelona sebelum menyisir media sosialnya untuk mencoba menunjukkan dia menghabiskan sebagian besar dari tiga tahunnya di Spanyol.

Mereka menyimpulkan bahwa Shakira menghabiskan 242 hari di Spanyol pada 2012, 212 hari di 2013, dan 243 hari di negara itu pada 2014.

Laporan jaksa yang didaftarkann menduga waktu yang Shakira habiskan di luar Spanyol adalah ketiadaan secara sporadis yang berkaitan dengan pekerjaan.

Saat kasus ini pertama kali mencuat pada Juli 2022, perwakilan Shakira mengatakan bahwa penyanyi itu selalu kooperatif dan mematuhi hukum, menunjukkan tindakan sempurna sebagai individu dan pembayar pajak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya