Penulis Dilan 1990, Pidi Baiq : Energi Saya Dimasukin ke Novel 'Cerita Ade'

Launcing novel Cerita Ade karya Nia Ramadhani
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR (Bogor)

VIVA Showbiz – Penulis novel Dilan 1990, Pidi Baiq mengungkapkan alasan kenapa dirinya mau mengedit novel 'Cerita Ade' karya Nia Ramadhani. Bahkan, saat mengedit dirinya menuangkan seluruh energi seperti menulis buku Dilan.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

"Saya mau (edit tulisan Nia) karena banyak hal ya. Salah satunya Bang Ical (Aburizal Bakrie) saya nyebutnya abang karena beliau senior saya, enggak enak euy saya kan juniornya. Yaudah mau deh. Udah deh nulis. Dia yang nulis, saya yang edit," ujar Pidi saat launcing novel 'Cerita Ade', di Pusat Rehabilitasi Fam Campus, Jalan Jurang, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Seninel 28 November 2022.

Lanjut Pidi Baiq, dalam prosesnya di sini banyak kenangan dalam cerita pejalanan hidupnya, hingga berjumpa bersama sang suami. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Penggalan demi penggalan cerita mulai dirangkai dengan kisah remaja belasan tahun yang kuat menjalani kehidupan. Dan kesan di mana pembaca akan digiring membandingkan kehidupan seusia Nia.

"Saya bandingin waktu seusiannya. Ditolak audisi. Kalau saya sudah frustasi lah. Setelah dia (Nia) cerita keluar banyak stimulus dengan ceritanya. Saya hanya nyambungin ya, begitu jadi begini,” jelas Pidi.

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

“Kenapa dia bisa survive yakin siapa di sampingnya. Itu tidak mungkin terjadi tanpa orang disampingnya. Sangat kuat. Pesan, ini cerita bagaimana saya dulu dan apa yang sudah kau lakukan di usia yang sama dengan saya saat itu," cetus Pidi.

Pidi pun menyebut menuangkan seluruh energinya seperti saat menulis novel Dilan 1990 yang hampir memakan waktu 5 tahun. Cerita Nia, kata dia, hanya selesai dalam waktu 4 bulan.

"Pasti energi saya dimasukin, sebagai edit itu saya masukin," ujar Pidi.

Alur cerita maupun komedi terselip dalam novel Cerita Ade. Tak hanya alur cerita yang berkesan, dari Novel yang dieditnya pidi berharap bisa menjadi kesan bagi para pembaca.

"Kalau komedi mah dengan sendirinya karena, manusia sumber rasa humor. Pasti dengan sendirinya ada humor humor itu, lagian hiduonini hanua senda gurau ya. Pasti kesedagurauan. Ya harapan saya bisa best seller," imbuhnya sambil tertawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya