Perjalanan Karier Aminah Cendrakasih yang Tutup Usia di Umur 84 Tahun

Rano Karno dan Aminah Cendrakasih.
Sumber :
  • Instagram @si.rano

VIVA Showbiz – Kabar duka datang dari Aminah Cendrakasih, aktris senior pemeran Mak Nyak dalam Si Doel Anak Sekolahan. Dia dikabarkan meninggal dunia pada Rabu, 21 Desember 2022 sekitar pukul 20.00 WIB malam tadi. 

Polisi Gelar Perkara Lagi Kasus Mahasiswa STIP Tewas Dianiaya Senior, Ada Tersangka Baru?

Kabar berpulangnya aktris senior tersebut juga dibenarkan oleh putrinya, Lala. Jenazah Mak Nyak akan disemayamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta pada Kamis, 22 Desember 2022. Berikut profil lengkap Mak Nyak yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Biodata Mak Nyak

Cerita Pilu Masa Lalu Mimi Peri: Bapak Meninggal di Gubuk hingga Tak Ada yang Bacakan Yasinan

Aminah Cendrakasih (Mak Nyak)

Photo :
  • Putri Dwi/VIVA

Mak Nyak adalah seorang perempuan yang lahir di Magelang pada 29 Januari 1938. Dilihat dari berbagai sumber, Mak Nyak mulai main film sejak tahun 1955. Pada awal berkarier di dunia hiburan, dia berperan sebagai seorang gadis manja dan judes. 

Lee Do Hyun Menangkan Penghargaan Aktor Pendatang Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards 2024

Peran judes tersebut bertentangan dengan pembawaannya sehari-hari. Di kehidupan nyata, dia mengakui bahwa dirinya bukan sosok yang galak. Mak Nyak mengaku dirinya adalah pribadi yang ramah dan humoris. Dia menyenangi semua peran kecuali porno. 

Bakat Akting

Si Doel The Movie nonton bareng Mak Nyak

Photo :
  • Dok. VIVA/ Aiz Budhi

Aminah adalah salah satu sosok artis senior yang terkenal dengan logat Betawinya yang sangat kental dan selalu membekas di ingatan dalam sinetron yang tayang 1994 itu. Aminah memikat hati para penonton dengan aktingnya sebagai Mak Nyak, ibunda si Doel yang diperankan Rano Karno. 

Karier Aminah berawal dari aktif di pentas sandiwara pada 1955 sebagai pemain dan penyanyi. Kemudian di tahun yang sama, dia mendapat kesempatan untuk tampil di film Oh, Ibuku (1995) dan Gadis Tiga Djaman (1955). 

Kemudian di film ketiganya berjudul Ibu dan Putri yang rilis pada 1955, Aminah diberi kepercayaan sebagai pemeran utama bersama dengan Lies Noor. Sejak saat itu, dia membintangi film pada masa 1950-an, 1970-an, dan 1980-an. 

Tercatat, sejak tahun 1955 hingga 1989, Aminah sudah membintangi sekitar 101 judul film. Dari berbagai film tersebut, dia berperan sebagai pemeran pembantu dan pemeran utama. Meski begitu, dia tidak mengharuskan anak-anaknya mengikuti jejaknya di dunia film. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya