Perjalanan Karier Nani Wijaya Sebelum Meninggal Dunia, Bintangi Ratusan Film Layar Lebar

Nani Wijaya
Sumber :
  • Instagram @tora_hananto

VIVA Showbiz  – Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air dengan meninggalnya artis senior Nani Wijaya pada hari ini Kamis, 16 Maret 2023. Nani Wijaya menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 03.28. 

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Sang anak, Cahya Kamila mengumumkan kabar duka tersebut melalui akun Instagramnya. Anak mendiang Nani Wijaya itu mengabarkan bahwa sang ibu meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Berikut ini perjalanan karier Nani Wijaya sebagai artis senior sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhir dan meninggalkan dunia hiburan Tanah air untuk selama-lamanya. 

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Perjalanan Karier Nani Wijaya

Nani Wijaya.

Photo :
  • VIVA/Nuvola Gloria
40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Dikenal sebagai artis senior, Nani telah berkiprah dalam dunia hiburan Tanah Air sejak tahun 1960. Namanya sempat melejit setelah membintangi film “Yang Muda yang Bercinta” pada tahun 1977. Dalam sepanjang hidupnya ia tercatat telah membintangi ratusan film layar lebar.

Wanita yang lahir di Cirebon pada 10 November 1944 ini mulai debut berkarier di dunia perfilman saat memasuki usia 16 tahun, tepatnya pada tahun 1960 silam. Pada saat itu, almarhumah bermain sebagai pemeran pembantu dalam film “Darah Tinggi”.

Setelah itu berbagai film baru juga dibintanginya meski belum menjadi pemeran utama. Misalnya seperti “Si Doel Anak Betawi”, “Gara-Gara Janda Kaya”, “Roda-roda Gila”, “R.A. Kartini”, “Catatan si Boy IV” dan masih banyak lagi. 

Dari situlah Nani Wijaya kemudian didapuk sebagai Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia dalam film “Yang Muda Yang Bercinta” pada tahun 1978. Itu menjadi penghargaan pertama yang diterimanya saat masih berusia 34 tahun.

Nani Wijaya

Photo :
  • Instagram @tora_hananto

Masa-masa kejayaan Nani berada di antara tahun 1960 hingga 1980 dalam dunia layar lebar. Hampir setiap tahun ia selalu main dalam  film-film baru. Bahkan sampai kembali menerima penghargaan sebagai Aktris Pembantu Sinetron Terpuji Festival Film Bandung untuk “Bajaj Bajuri” pada tahun 2005 silam.

Sedangkan film layar lebar yang diperankannya di era milenial seperti “Maling Kutang” (2009), “Ummi Aminah” (2012) dan “Mama Cake” (2012). Karena bakat aktingnya tersebut, ia masuk dalam Nominasi Aktris Pemeran Utama Piala Maya 2012 dalam film “Ummi Aminah”.

Tak hanya berkiprah di layar lebar saja, Nani juga ikut meramaikan dunia sinetron dan sitkom di Tanah Air. Hingga tahun 2017 tercatat sudah ada puluhan sinetron dan sitkom yang dibintangi oleh nani Wijaya seperti “Wah, Cantiknya” seri 1 dan 2, “Cintaku di Rumah Susun” seri 1 dan 2, “Si Cecep”, “Cinta SMU”, “Bajaj Bajuri” dan “Tukang Bubur Naik Haji”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya