4 Penyanyi Muslim yang Sempat Membawakan Lagu Rohani, Nomor 2 Pindah Agama

Isyana Sarasvati
Sumber :
  • instagram @isyanasarasvati

VIVA Showbiz - Lagu rohani adalah jenis musik yang memiliki lirik dengan tema keagamaan atau spiritual, yang dimaksudkan untuk memuji Tuhan, mengungkapkan iman, atau mengekspresikan pengalaman rohani. Dalam lagu rohani Kristen, misalnya, liriknya biasanya mengandung pesan-pesan kepercayaan, harapan, dan penyerahan diri kepada Tuhan. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Beberapa jenis lagu rohani Kristen termasuk kidung, nyanyian, dan musik kontemporer dengan genre yang bervariasi, seperti pop, rock, dan gospel. Namun, ada beberapa artis yang bernyanyi lagu rohani Kristen meski menganut agama Islam. Nah, untuk kamu yang penasaran berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari IntipSeleb. 

1. Isyana Sarasvati

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Isyana Sarasvati

Photo :
  • IG @isyanasarasvati

Isyana Sarasvati adalah seorang penyanyi muda berbakat yang menganut agama Islam. Meski menyandang status muslimah, rupanya Isyana dapat membawakan lagu rohani dengan sempurna. Bukan hanya satu, Isyana fasih membawakan beberapa lagu rohani.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Misalnya saja lagu berjudul Alleluia, bagian terakhir lagi Exultate sampai membawakan lagu Jubilate K. 165 karya W.A Mozart yang sarat akan ajaran agama Kristen yang juga sangat fasih dibawakan oleh Isyana Sarasvati.

2. Stevie Agnecya

Stevie Agnecya

Photo :
  • Instagram Stevie Agnecya

Keputusan menjadi mualaf tampak saat Stevie Agnecya bersanding dengan sang suami, Anggi. Namun rupanya, Stevie sudah pindah agama menjadi seorang mualaf sebelum menikah dengan Anggi. Ia juga tampak memperdalam agama Islam dan minta didoakan supaya istiqomah memakai hijab.

Meski sudah menganut agama Islam, Stevie rupanya masih fasih membawakan lagu-lagu rohani. Ketika membagikan videonya membawakan lagu rohani, Stevie mengaku ingat masa lalunya saat menganut Islam. Kini, dia juga memberikan salam toleransi.

3. Aning Katamsi 

Biduan Aning Katamsi dalam Ambassador Concert Series 2009 di Praha, Ceko

Photo :
  • VIVAnews/KBRI Praha

Aning Katamsi adalah seorang penyanyi seriosa dari Indonesia. Sebagai seorang penyanyi, suara wanita berhijab ini memang merdu. Tak diragukan lagi, setiap lagu yang dinyanyikan Aning pasti akan memukau para penonton.

Namun rupanya, Aning Katamsi pernah menyanyikan sebuah lagu rohani. Ia menyanyikan lagu-lagu rohani dengan latar belakang perayaan Natal. Lagu rohani yang dibawakan oleh Aning Katamsi berjudul O Holy Night.

4. Anggun C. Sasmi

Anggun C Sasmi.

Photo :
  • Instagram @anggun_cipta

Anggun adalah seorang pemeluk Islam. Penyanyi Indonesia yang sudah menjadi warga negara Prancis itu rupanya sempat menyanyikan lagu rohani. Bahkan, Anggun C Sasmi menyanyikan lagu rohani di gereja.

Momen Anggun C Sasmi menyanyikan lagu rohani terjadi di sebuah konser Natal di Roma, Italia. Anggun tampil sempurna dalam balutan gaun merah saat menyanyikan "Silent Night".

"Saya muslim. (Diundang oleh pihak Vatikan) Iya setiap tahun. Saya ingin selalu menunjukkan teladan memberi contoh sesuatu yang positif. Toleransi, apalagi dalam beragama itu sesuatu yang positif. Ini yang perlu kita garis bawahi (toleransi agama), makanya aku setiap kali diundang nyanyi di Vatikan menyanyikan lagu-lagu gereja akan aku nyanyikan,” papar Anggun dilansir dari @lambe_corner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya