Buntut Kisruh Body Check, Miss Universe Resmi Cabut Lisensi Indonesia dari Poppy Capella

30 Finalis Miss Universe Indonesia 2023
Sumber :
  • ist

Jakarta – Kisruh body check terhadap sejumlah finalis di Miss Universe Indonesia (MUID) yang diduga dilakukan tanpa prosedur yang sesuai ternyata langsung mendapat perhatian serius dari Organisasi Miss Universe tingkat internasional. 

Begini Pandangan Mayoritas Perusahaan di Indonesia soal AI

Lewat keterangan resmi, organisasi tersebut menyatakan bahwa pihaknya sudah mengakhiri hubungannya dengan dengan PT Capella Swastika Karya, perusahaan yang menaungi MUID dan juga dengan Poppy Capella selaku National Director. 

"Organisasi Miss Universe telah memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan pemegang waralaba saat ini di Indonesia, PT Capella Swastika Karya," demikian keterangan resmi disampaikan Miss Universe pada Minggu, 13 Agustus 2023 malam. 

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Miss Universe memutuskan mengakhiri hubungan dengan Poppy Capella dan perusahaan miliknya sebagai sanksi atas pelanggaran yang dibuat. Perusahaan milik Poppy Capella itu dinilai tak memenuhi standar merek dan etika organisasi. 

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

"Menjadi jelas bahwa waralaba ini tidak memenuhi standar merek, etika, atau harapan kami sebagaimana diuraikan dalam buku panduan waralaba dan kode etik kami," lanjutnya.

Organisasi Miss Universe memastikan bahwa pihaknya juga sudah menyediakan tempat yang aman untuk para perempuan dan menjadikan hal tersebut sebagai prioritas utama. Sehingga cukup bertentangan dengan semua yang telah mereka perjuangkan. 

Akibat dari kisruh yang terjadi ini juga berdampak terhadap perhelatan Miss Universe Malaysia yang akan segera dilaksanakan. Miss Universe Malaysia yang juga lisensinya dipegang oleh PT Capella Swastika Karya batal dilaksanakan. 

Miss Universe 2022

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

"Kami akan membatalkan Miss Universe Malaysia 2023, dan akan mengatur pemegang gelar Indonesia 2023 untuk bersaing di kontes Miss Universe tahun ini," tegasnya.

Sementara itu, belum ada kepastian soal rencana keikutsertaan Miss Universe Indonesia 2023 Fabienne Nicole Groeneveld. "(Kami) akan mengatur pemegang titel Miss Universe Indonesia 2023 untuk berkompetisi di Miss Universe tahun ini," tulisnya.

Tindakan tegas dari MUO tersebut adalah imbas dari dugaan tindak pelecehan seksual yang dialami oleh sejumlah finalis Miss Universe Indonesia 2023. Mereka diminta untuk body checking dalam kondisi tanpa busana dan bahkan ada beberapa yang dipotret. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya