Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini

YouTuber Daud Kim (Jay Kim)
Sumber :
  • Instagram/jaehan9192

VIVA Showbiz –  YouTuber Korea Daud Kim kembali menjadi sorotan menyusul dengan keinginannya membangun masjid di Korea Selatan. Bahkan belum lama ini melalui video yang diunggahnya di akun media sosial miliknya, Daud Kim menunjukkan sebuah kertas dan menyebut dirinya telah membeli sebuah tanah.

Tak Diinginkan Kelahirannya, Perjalanan Wanita Ini Jadi Mualaf Menguras Air Mata

Disebut-sebut Daud Kim telah membeli tanah di daerah Incehon Korea Selatan untuk dibangun sebuah masjid. Namun sayangnya, tindakan Daud Kim banyak ditentang umat muslim di Korea Selatan.

Bukan tanpa sebab, belakangan ini diketahui Daud Kim mengumpulkan donasi dari berbagai asosiasi internasional dan sejumlah muslim untuk membangun masjid. Namun sayangnya donasi tersebut menggunakan nomor rekening pribadi. 

Kang Hoon Resmi Gabung Running Man! Tapi Cuma untuk Sementara

Di Korea sendiri, mengumpulkan donasi dengan menggunakan nomor rekening pribadi sangat dilarang dan masuk dalam tindakan kejahatan serius. Tindakan Daud Kim itu juga banyak dikecam oleh umat muslim di Korea. Bahkan seruan untuk tidak menyumbang sudah disuarakan oleh sejumlah influencer Malaysia yang tinggal di Korea Selatan, Farah Lee. 

YouTuber Daud Kim Resmi Dilaporkan karena Dugaan Penggalangan Dana Ilegal untuk Bangun Masjid

Dia meminta agar sejumlah masyarakat muslim di Malaysia untuk tidak memberikan sumbangan tersebut. Hal tersebut juga diserukan oleh YouTuber kenamaan Ayana Moon.

Ramainya pemberitaan tentang Daud Kim yang ingin membangun masjid di Korea Selatan ini juga membuat Federasi Muslim di Korea (Korea Muslim Federation atau KMF) angkat bicara. Melalui keterangan resmi mereka, pihaknya menyebut bahwa seluruh masjid yang ada di Korea Selatan semua teregistrasi atas nama KMF. 

“Assalamualaikum, KMF adalah satu-satunya organisasi resmi yang teregistrasi oleh pemerintah Korea Selatan. Semua masjid yang berada di Korea Selatan terasosiasi dengan KMF dan terdaftar di bawah naungan KMF. Dan tidak boleh pengumpulan dana untuk pembangunan masjid atas nama satu individu,” demikian keterangan resmi KMF. 

KMF juga menyebut bahwa penggalangan dana yang dilakukan oleh Daud Kim belakangan ini untuk pembangunan masjid tidak ada hubungannya dengan KMF. 

“Kami ingin menginformasikan bahwa pengumpulan dana oleh Daud Kim untuk pembangunan masjid tidak ada hubungannya dengan KMR dan merupakan kegiatan penggalangan dana oleh Daud Kim sendiri secara pribadi,” tulis KMF. 

Kontroversi Daud Kim

Photo :
  • TikTok
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya