Leon Travis, Anak Tukang Tambal Ban Sukses Jadi Penyanyi Country

Leon Travis.
Leon Travis.
Sumber :
  • Ist.

VIVA – Nama Leon Travis mungkin masih terdengar asing di industri musik Indonesia, khususnya di genre musik country. Leon, demikian sapaan akrabnya, kini tengah merintis perjalanannya di jalur musik country. 

Terlahir dari keluarga kelas pekerja asal Balige, Sumatera Utara, ia mulai mengenal musik sejak usia 5 tahun. Sang ayah seringkali bermain gitar saat melepas lelah, setelah seharian bekerja menambal ban di bengkel kecilnya sehingga musik akrab di telinga Leon.

Beranjak dewasa, kemampuan Leon dalam bernyanyi mulai diiringi dengan kemampuannya menulis lagu. Pengalaman manggung dan membuka diri pada berbagai genre musik semasa kuliah di Jakarta, memiliki peran penting dalam membentuk musikalitas seorang Leon Travis. 

Latar belakang itu yang membuatnya mampu menulis ratusan lagu dengan berbagai macam genre. Ia pun memiliki mimpi untuk mencapai pengakuan tertinggi atas karyanya di industri musik Tanah Air. 

Namun, seiring waktu berjalan, kesibukannya sebagai project consultant untuk salah satu kedutaan besar di Jakarta, membuat langkahnya tertunda hampir sepuluh tahun lamanya. 

Akhir tahun 2020 adalah momen di mana Leon kembali melanjutkan mimpinya dengan memilih genre country. Berawal dari perjalanannya ke Amerika Serikat pada 2019 tepatnya ke St. Louis, Missouri, kota di mana Leon pertama kali mendengar lagu country milik musisi legendaris Travis Tritt berjudul 'Help Me Hold On'.

Leon sangat terkesan dengan aksen kental dan tatanan sound yang khas yang tidak terdapat di genre lainnya. Sepulangnya ke Tanah Air, ia semakin membulatkan tekad untuk berkarier di jalur musik country dan memberanikan diri berkomunikasi dengan Tantowi Yahya yang menjadi tokoh panutan dalam musik country di Indonesia.