Profil Elly Kasim, Penyanyi Legendaris Pop Minang Tutup Usia

Titiek Puspa dan Elly Kasim
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA – Penyanyi legendaris Indonesia, Elly Kasim dikabarkan meninggal dunia. Ia meninggal dunia pada Rabu (25/8/2021) di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta. Berikut profil penyanyi legendaris pop Minang, Elly Kasim.

Melly Goeslaw sampai Elly Kasim Dirangkum Jes Tanjung Jadi Sugar Mommy

Profil Elly Kasim

Elly Kasim merupakan penyanyi asal Tiku, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatera Barat. Ia lahir pada 27 September 1944. Elly Kasim meninggal dunia di usia yang ke-76 tahun.

Elly Kasim Meninggal Dunia, Nikita Willy Berduka

Perjalanan karier

Elly Kasim dikenal sebagai penyanyi legendaris pop Minang yang telah merintis karirnya sejak tahun 1961. Diketahui bahwa Elly Kasim telah merilis setidaknya 100 album solo. Lagu-lagunya tersebut telah menjadi hits di Indonesia.

Haru, Sandiaga Uno Kenang Pertemuan dengan Elly Kasim

Lagu hits

Tak sedikit dari tembang yang pernah dibawakan oleh Elly Kasim menjadi hits di Indonesia pada masanya. Beberapa single hits Elly Kasim bahkan masuk dalam album kompilasi mulai dari Pop Minang Talempong: Sabai Nan Aluih keluaran Tanama Record pada 1982.

Kemudian Indonesia Folksongs Minang yang dirilis oleh Gema Nada Pertiwi pada tahun 1995. Hingga yang terbaru album Pop Minang Abadi keluaran Tanama Record pada tahun 2004.

Meski banyak penyanyi pop yang semakin banyak dan memiliki ciri khas masing-masing, Elly Kasim tetap teguh membawakan lagu Minang hingga akhir hayatnya. Ia pun akhirnya dikenal sebagai legenda musisi Minang di Indonesia.

Lagu paling banyak didengarkan

Salah satu rekaman yang paling banyak di dengar adalah saat dirinya menyanyikan ulang lagu daerah dari Sumatera Barat berjudul Ayam Den Lapeh.

Di usianya yang ke-73 pada tahun 2017, ia mempersembahkan sebuah konser bertajuk ‘Menjulang Bintang, 57 Tahun Elly Kasim Berdendang’ yang diselenggarakan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Dalam konser tersebut, Elly Kasim membawakan sejumlah tembang yang pernah dirilis dan populer di masanya.

Menggaet penyanyi muda

Tidak hanya tampil sebagai solois, pelantun tembang Minang ini juga menggaet beberapa penyanyi sejawat dan juga penyanyi muda lainnya untuk berkolaborasi. Mulai dari Titiek Puspa, Be3, dan Judika.

Dalam konser itu pula ia juga menggandeng paduan suara Rancak Voice, serta tiga penyanyi yang didatangkan dari ranah Minang. Konser ini melibatkan Rama Soeprapto sebagai Artistic Director, Tom Ibnur sebagai Koreografer dan Hendri Lamiri sebagai Music Director.

Bisnis wedding organizer (WO)

Selain menjadi musisi pop Minang, Elly Kasim juga berkarir sebagai wedding organizer. Bisnis wedding organizer ini hanya khusus untuk adat minang saja, nama wedding organizer-nya bernama Elly Kasim Collection.

Bekerja sama di pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora

Terakhir, Elly Kasim berkontribusi dalam pesta pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora. Ia membantu proses jalannya acara Malapeh Bujang serta Malam Bainai jelang pernikahan pasangan tersebut.

Rizky Billar juga turut berduka cita atas meninggalnya penyanyi senior Elly Kasim yang sempat membantu dalam prosesi pernikahannya, Billar mengenang bagaimana antusias mendiang saat membahas konsep pernikahannya tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya