Cerita Iwan Fals, Ciptakan Lagu 'Selamat' untuk Dirinya Sendiri

Musisi legendaris Tanah Air, Iwan Fals
Sumber :
  • Musica Studios

VIVA – Bertepatan dengan ulang tahunnya ke-60, musisi senior Iwan Fals merilis lagu sekaligus album baru. Dalam album ke-42 yang bertajuk Pun Aku, dia juga merilis laguSelamat, yang ternyata menjadi hadiah untuk ulang tahunnya pada hari ini, Jumat 3 September 2021. 

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Berbincang lewat sebuah acara virtual, pemilik nama asli Virgiawan Listanto itu, bercerita soal awal mula pembuatan lagu 'Selamat' dan tujuan dibuatnya lagu tersebut. 

"Saya pengen juga punya lagu seperti lagu yang tadi dinyanyiin (Selamat). Karena kan hampir semua orang ngalamin ulang tahun. Saya pengen juga, ini kan hari yang penuh doa. Rupanya sekarang berjodoh buat saya sendiri. Dan buat orang yang hari ini lahir," ujarnya saat 'Afternoon Talk - Iwan Fals Pun Aku' yang digelar virtual, Jumat 3 September 2021. 

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Sedangkan untuk ide pembuatan lagu tersebut, Iwan mengatakan, dirinya juga ingin membuat lagu tentang ulang tahun, yang sebelumnya belum pernah dia buat. 

"Kalau ide, pengen buat lagu tentang ulang tahun, peristiwa sakral kan, saya pengen punya juga. Jadi lagu ini bisa buat siapa saja yang berulang tahun. Pada dasarnya itu," terang dia. 

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Lebih lanjut pelantun Bento itu bercerita, sebenarnya lagu 'Selamat' sudah pernah ia dendangkan khusus untuk keluarga tercinta dan orang-orang terdekatnya.

"Lalu dipilih sama Cikal (anak Iwan Fals dan music producer) menjadi lagu yang sangat khusus. Tanggal 3 September kan ulang tahun gue, kita sempat berdebat juga. Tapi oke, sekali-kali menyenangkan hati dan diri sendiri," cerita dia. 

Berada dalam ruang diskusi yang sama, Executive Producer Musica Studios, Indrawati Widjaja, turut mengemukakan pendapatnya mengenai album terbaru dari Iwan Fals ini. 

"Fresh, beda dan lebih masa kini. Kami seneng banget sudah saatnya Mas Iwan menuangkan masa kecilnya lagi. Saya percaya kesabaran meskipun waktunya lama, kesabaran kita semua berbuah indah. Ini memang sangat layak untuk ditunggu. Hasilnya sesuai dengan apa yang kita harapkan, bahkan melebihi ekspektasi kita," kata dia. 

Indrawati turut berharap, album 'Pun Aku' bisa sampai ke hati yang paling dalam bagi siapa pun yang mendengarnya. Tidak lupa, dia juga turut mengucapkan ulang tahun untuk musisi legendaris Tanah Air itu. 

"Iwan selamat ulang tahun dan selamat juga atas segala pencapaiannya Iwan, bersyukur kita masih bisa bersama-sama tumbuh. Segala keringat dan air mata sudah kita lalui bersama dari awal sampe sekarang. Dan Iwan juga tidak pernah berhenti berkarya, memberikan inspirasi, semangat hidup, melalui lisan, tindakan juga nyanyiannya," pungkas Indrawati Widjaja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya