Dukung Digitalisasi Musik, Sandiaga Uno Akan Buat Program Portamento

Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menghadiri talkshow dengan tema 'Digitalisasi Musik' di Auditorium Universitas Ciputra, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sandiaga menyebut, program portamento jadi solusi untuk meningkatkan ekonomi dan melindungi hak cipta musisi.

Charly Van Houten dan Muhammad Daud Kolaborasi dalam Lagu Tulang Rusuk

Kegiatan ini bekerja sama Prolog dan Oke Oce Milenial Sulselbar.

Sandiaga mengatakan, untuk melindungi karya dari para musisi Indonesia pemerintah akan menerbitkan suatu program yaitu portamento. Portamento merupakan platform perhitungan royalti bagi musisi.

Profil Ade Paloh Vokalis Band Sore yang Meninggal Dunia

Talkshow Digitalisasi Musik di Auditorium Universitas Ciputra, Kota Makassar.

Photo :
  • Istimewa

"Kita akan menerbitkan suatu program namanya portamento dan ini karya musik memberantas pembajakan," kata Sandiaga di Auditorium Universitas Ciputra Makassar, Jumat 9 September 2022.

Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Dikawal Ketat Kemendag, Ekonom: Dorong Digitalisasi UMKM

Menurut Sandiaga, pemerintah akan memberikan insentif atau stimulus melalui fasilitas pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) secara gratis, dan ditambah pendampingan.

Pada kesempatan itu, Sandiaga juga berbincang langsung dengan Juang Manyala, CEO Pmancar.com. Ia telah membuat sebuah platform yang menjadi wadah transaksi ekonomi musisi.

"Saya sampaikan ke Kementerian dan Pak Menteri Sandiaga Uno terkait bagaimana Makassar shifting digital era. Jadi musisi bikin project digital lalu dijual di pmancar.com sehingga ada transaksi ekonomi oleh para musisi di situ," sambung Juang.

Sementara peserta talkshow digitalisasi musik Makassar, Eti mengatakan, kegiatan ini menjadi penting bagi kalangan milenial maupun generasi z (Gen Z). Terlebih adanya dorongan dari Sandiaga bisa membuat musisi untuk meningkatkan ekonomi.

Talkshow Digitalisasi Musik di Auditorium Universitas Ciputra, Kota Makassar.

Photo :
  • Istimewa

"Anak-anak muda bisa menyalurkan hobinya sebagai musisi. Jadi itu sangat bagus sekali buat kita bisa menciptakan lapangan kerja dan dapat meningkatkan dari segi pendapatan," ucap Eti.

Lebih lanjut, Eti menilai kehadiran Sandiaga menjadi bukti bentuk keberpihakan dan memperhatikan ekonomi rakyat. Sehingga Ia meyakini Sandiaga patut maju menjadi calon presiden pada tahun 2024 nanti. 

"Karena Pak Sandiaga Uno ini memperhatikan ekonomi rakyat, terutama untuk kalangan generasi muda, atau milenial. Semoga Bapak Sandiaga Uno bisa menjadi Presiden," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya