Jeff Beck Gitaris Legendaris Meninggal Dunia di Usia 78 Tahun

Jeff Beck
Sumber :
  • Twitter @jeffbeckmusic

VIVA Showbiz – Jeff Beck, salah gitaris legendaris era tahun 60-an yang paling inovatif dan paling tidak terduga dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 10 Januari 2023 di usianya yang ke- 78 tahun. Kabar duka tersebut diumumkan melalui akun Twitter resmi Jeff Beck. Penyebab kematiannya pun juga diberitahukan bahwa sang gitaris tertular bakteri meningitis. 

Muhadjir soal Taruna STIP Tewas Dianiaya Senior: Itu Tanggung Jawab Institusi

“Atas nama keluarganya, dengan kesedihan yang mendalam dan mendalam kami berbagi berita tentang meninggalnya Jeff Beck. Setelah tiba-tiba tertular bakteri meningitis, dia meninggal dunia dengan damai kemarin,” tulis cuitan di akun Twitter @jeffbackmusic yang dikutip pada Kamis, 12 Januari 2023. 

Jeff Beck

Photo :
  • Variety
Viral, Detik-detik Imam Masjid Agung Takalar Meninggal Dunia saat Salat Subuh

Pihak keluarganya juga diketahui meminta privasi atas kehilangan mendalam dan amat besar yang mereka rasakan saat ini dari kepergian Jeff Beck. "Keluarganya meminta privasi sementara mereka memproses kehilangan yang luar biasa ini,” lanjut cuitan akunnya. 

Dilansir dari Variety, sang gitaris, Jeff Beck baru saja menyelesaikan tur untuk mendukung album kolaborasinya dengan Johnny Depp, "18". Beck menerima tujuh Grammy untuk pertunjukan instrumental dan yang kedelapan untuk karyanya tahun 2009 di "The Imagine Project" karya Herbie Hancock.

Menhub Budi Karya Prihatin Adanya Kasus Penganiayaan Taruna STIP Hingga Meninggal Dunia

Jeff Beck

Photo :
  • Twitter @jeffbeckmusic

Beck membawa senjata instrumental yang tangguh ke band Inggris the Yardbirds, yang dia ikuti pada tahun 1965 sebagai pengganti Eric Clapton. Setelah keluar secara tiba-tiba dari Yardbirds, Beck mendirikan bandnya sendiri, Jeff Beck Group yang digawangi oleh vokalis Rod Stewart. Namun, grupnya hanya bertahan selama dua album.

Selama tahun 70-an, Beck mengumpulkan edisi kedua yang lebih berorientasi pada R&B dari grupnya dan secara singkat membentuk trio dengan bassis Tim Bogert dan drummer Carmine Appice dari Vanilla Fudge dan Cactus.

Dia mencapai puncaknya dari kesuksesan kritis dan komersialnya dengan sepasang album semua instrumen pertengahan tahun 70-an, antara lain "Blow by Blow" dan "Wired," yang membuatnya pindah ke medan jazz-fusion. 

Beck lahir di Wallington, Surrey dan mulai bermain gitar saat masih remaja dengan model gitar buatannya sendiri (yang dia buat untuk meniru salah satu pahlawannya, Les Paul). Kini Jeff Beck sang gitaris yang legendaris telah meninggal dengan kedamaian. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya